Latest News

Jenis Granuloma Dan Penyebabnya

Apakah teman-teman pernah mendengar istilah GRANULOMA ?, jika dilihat sekilas, granuloma seperti bintik kemerahan yang muncul pada kulit, menurut medis, granuloma merupakan kelainan pada jaringan tubuh, yang timbul karena peradangan, penyebabnya sendiri ada beberapa macam, misalnya seperti reaksi terhadap peradangan, iritasi, paparan benda asing atau infeksi,

granuloma gigi

Reaksi diatas bisa muncul ketika sistem kekebalan tubuh berhadapan dengan benda atau zat yag dianggap asing oleh tubuh kita, entah itu bersifat fisik, biologis ataupun kimiawi, karena itu dia bisa muncul ditubuh bagian mana saja, contohnya seperti kulit, mata, paru-paru ataupun mata.

Sejauh penelusuran saya, granuloma dibagi menjadi 5 macam, yaitu :

1. Granuloma Kulit

Granuloma kulit disebabkan karena adanya peradangan atau kerusakan di kulit. bisa juga dikarenakan konsumsi obat tertentu, atau disebabkan adanya penyakit, contonya seperti kusta, diabetes, autoimun, atau kanker. Agar bisa mengetahui lebih lanjut penyebabnya maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

2. Granuloma Hati

Seperti yang kita tahu, organ hati merupakan salah satu organ penting pada tubuh, namun ketika muncul granuloma pada hati sangat jarang sekali granuloma tersebut mempengarui fungsi hati, selain itu biasanya tidak memiliki gejala, tapi ketika dilakukan pemeriksaan dan ditemukan adanya granuloma hati, maka ini bisa menjadi petunjuk adanya penyakit serius di dalam tubuh.

3. Granuloma Kronik

Penyakit granuloma kronik disebabkan oleh kerusakan fagosit, yaitu sel imun bekerja memakan kuman, akibatnya, penderita granuloma kronik akan rentan dengan berbagai jenis bakteri dan jamur, selain itu penyakit ini juga menyebabkan infeksi kulit contohnya seperti abses, bisul, ataupun eksim kulit yang sulit disembuhkan.

4. GIN

GIN merupakan singkatan dari Granulomatous Intertitial nephritis, atau dengan bahasa sederhana, granuloma yang muncul pada ginjal. Biasanya disebabkan konsumsi obat-obatan tertentu, tapi bisa juga disebabkan karena reaksi sistem kekebalan tubuh atau infeksi tuberkulosis. Namun begitu, GIN merupakan kasus granuloma yang sangat jarang ditemukan.

5. GLA

GLA atau Granulomatous lymphadenitis, atau dengan kata lain granuloma pada kalenjer getah bening. Granuloma ini terbagi menjadi 2, menular dan tidak menular. Untuk granuloma yang tidak menular sampai sekarang penyebabnya masih belum diketahui, sedangkan yang menular biasanya disebabka oleh infeksi bakteri, contohnya seperti tularemia dan penyakit cakar kucing.

Selain 5 granuloma di atas, ada satu lagi jenis granuloma, yaitu granuloma gigi, walaupun sering diabaikan, sebenarnya granuloma gigi juga menyebabkan radang akut sehingga menimbulkan rasa sakit, pembengkakan hingga perubahan warna jika tidak ditangani. Bahkan jika dibiarkan berlarut-larut dapat menimbulkan kista intraradicular dimana untuk proses penyembuhannya memerlukan operasi.

Penyebab Granuloma Gigi umumnya ada 3, yaitu

Karang Gigi
Karang gigi atau plak yang dibiarkan berlarut-larut dalam jangka waktu yang lama dan tidak dibersihkan dapat menyebabkan lapisan pelindung gigi melemah dan terkikis. Karang gigi yang dibiarkan ini dapat menyebabkan pembengkakan area gusi sehingga memicu tumbuhnya granuloma.

Karies Gigi
Karies gigi muncul karena kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut, jika dibiarkan akan menyebabkan berkembangnya bakteri diarea gusi dan gigi. Jika dibiarkan terlalu lama, karies gigi dapat membuat kerusakan dibagian dalam jaringan gigi dan kemudian membuat gigi menjadi berlubang yang pada akhirnya memunculkan benjolan pada gusi

Radang Gusi
Radang gusi merupakan kondisi dimana radang gusi terasa sakit hingga menyebabkan pendarahan, selain menyerang gusi, kondisi ini juga dapat mnyerang jaringan pengikat di dalamnya, jika jaringan pengikat sudah kena maka gigi menjadi lemah dan mudah tanggal, hal inilah yang dapat menyebabkan munculnya granuloma gigi.

0 Response to "Jenis Granuloma Dan Penyebabnya"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)