Latest News

Permainan Tradisional Indonesia Ini Bisa Dilakukan Berkelompok

permainan bentengan

Indonesia negeri yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya, disatukan oleh para pendahulu kita. Berbagai macam kebudayaan ini juga melahirkan berbagai macam permainan tradisional yang kini mulai tergerus oleh zaman dan permainan ponsel. Padahal permainan tradisional sangat bagus untuk melatih kemampuan sosial dan motorik pada anak. Contohnya seperti permainan bentengan yang populer di daerah betawi, jawa barat dan yogyakarta dengan nama yang berbeda. Atau permainan ular tangga yang juga populer hampir diseluruh nusantara.

Berbicara permainan tradisional, ada beberapa permainan yang bisa dilakukan berkelompok. Permainan yang dilakukan berkelompok sangat bermanfaat untuk melatih kekompakan dan kerjasama tim, selain itu anak-anak juga akan belajar bagaimana mengatur strategi tim.

Permainan tradisional Indonesia yang bisa dilakukan berkelompok antara lain :

Gobak Sodor

Permainan ini tidak cuma terdapat di Pulau Jawa, tetapi juga di daerah. Akan tetapi nama permainannya berbeda, sedangkan metode bermainnya sama.

Di Kepulauan Natuna permainan ini dikenal dengan nama Galah, sedangkan di Riau dikenal namanya Galah Panjang. Di Jawa Barat namanya itu Galah Asin, di Makasar terdapat Asing, serta di wilayah Batak Toba disebut game Margala.

Game tradisional ini dimainkan secara tim atau regu serta menyertakan 2. Setiap regu itu terdiri 3 sampai 5 orang. Umumnya ini dimainkan dengan memakai lapangan segiempat berukuran 9 x 4 m yang dipecah jadi 6 bagian. Anggota regu yang mendapat giliran untuk melindungi lapangan dipecah 2, menjaga digaris horizontal dan batasan vertikal. 

Untuk yang melindungi di garis horizontal mereka wajib berupaya buat memghambat lawan supaya tidak melewati garis batasan. Untuk anggota yang berjaga di garis vertikal, mereka memiliki akses buat keseluruhan garis batasan vertikal yang terletak di tengah lapangan.

Buat regu lawan wajib menuju garis ke baris sampai baris paling belakang. Setelah itu lawan wajib kembali lagi melewati penjagaan hingga sampai ke baris awal.

Ular Naga

Ular naga panjangnya bukan kepalang

Menjalar-jalar selalu kian kemari

Umpan yang lezat, itulah yang dicari

Kini dianya yang terbelakang

Pastinya teman-teman tidak asing dengan permainan yang satu ini, karena permainan yang satu ini dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, cara bermainnya seperti ini :

Tiap anak berbaris memanjang, dari depan ke belakang, tiap pemain memegang pundak pemain yang ada di depannya. Setelah itu terdapat 2 orang anak yang berperan selaku gerbang. Barisan itu akan bergerak melingkar kian kemari bagai Naga yang berjalan- jalan. Sembari menyanyikan lagu, mereka mengitari gerbang yang berdiri di tengah- tengah arena permainan. 

Ketika di ujung lagu, gerbang akan menutup tangannya untuk menangkap anak yang akan menjadi anak dari salah satu gerbang, kemudian permainan dimulai lagi hingga seluruh anak habis ditangkap oleh gerbang. 

Bakiak

Permainan yang satu ini berasal dari Sumatra Barat. Bakiak, ataupun biasa disebut Terompa Bakuak di Sumatra Barat ialah game yang memerlukan kekompakkan. 

Cara bermainnya :

Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 orang.

Masukkan tiap- tiap kaki ke dalam tali Bakiak.

Anggota kedua memegang bahu anggota di depannya. Anggota ketiga memegang bahu anggota di depannya.

Anggota paling depan memberi kode kapan berjalan serta kapan berhenti.

Diskusikan kaki mana yang hendak digerakan terlebih dulu, kaki kanan ataupun kaki kiri.

Untuk menjaga kekompakan, seluruh anggota dapat berteriak disaat berjalan: kiri, kanan, kiri,...

Cobalah berulang kali permainan ini dengan kelompokmu hingga terasa gerakan yang semakin baik serta kompak.

Kelompok yang awal mencapai garis akhir merupakan pemenangnya. 

0 Response to "Permainan Tradisional Indonesia Ini Bisa Dilakukan Berkelompok"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)