Latest News

Ini Dia Beberapa Tips Agar Keuangan Pribadi Tidak Seret Tiap Akhir Bulan

Sekarang lagi ngetren istilah generasi millenial, tapi apa kalian tau apa yang dimaksud dengan generasi millenial ? sebenarnya tiap generasi memiliki isitilahnya masing-masing, untuk generasi pertama yang mendapatkan gelar yaitu generasi Baby Boomer, yaitu generasi kelahiran 1946-1964 ini mungkin generasi kakek nenek buyut, kemudian generasi X, yaitu generasi kelahiran tahun 1965-1980, ini generasi X ini adalah kakek nenek kita atau mungkin orang tua kita, kemudian baru masuk generasi Milenial atau disebut juga generasi Y, setelah generasi milenial selanjutnya adalah generasi Z, ini merupakan generasi yang tidak pernah lepas dari teknologi, tahun kelahirannya antara 1997-2000an.

Berbicara mengenai masalah keuangan, salah satu yang sering dibahas pada pada tiap generasi adalah masalah keuangan, rata-rata generasi jaman sekarang, terutama yang milenial seringkali terbawa dengan gaya hidup yang konsumtif, karena itu kadang sering terasa antara pengeluaran dan pemasukan yang tidak seimbang. Karena itu dibawah ini kami akan memberi sedikit tips bagaimana cara mengatur keuangan pribadi, agar nanti tidak hanya berjuang dari bulan ke bulan.

cara mengatur keuangan pribadi setiap bulan

Selaku anak muda, nyatanya kamu terkadang melakukan pemborosan agar bisa menyokong gaya hidup milenial disaat ini. Jangan cemas, berikut ini adalah cara mengendalikan keuangan kamu secara benar supaya uang kamu tidak segera habis. 

Yang pertama, kamu wajib membuat budget harian, mingguan, ataupun bulanan untuk berikan batas pada pengeluaranmu, dengan melakukan batasan seperti ini keuangan akan lebih terkontrol, dan kalau perlu catat berapa pengeluaran dan pemasukan tiap bulannya, entah itu menggunakan buku catatan ataupun lewat aplikasi smartphone yang sudah banyak tersedia sekarang.

Kedua, berhematlah dalam urusan makan. Dari banyaknya restoran yang terdapat di kota Kamu, pilihlah hidangan yang tidak segera menghabiskan kocek Kamu. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengendalikan diri dalam memilah santapan. Biasanya, dan apalagi yang hobi makan, tanpa sadar akan menghabiskan banyak uang dari belanja makanan.

Ketiga, manfaatkan tiap diskon serta promo yang ada. Manfaatkan smartphone Kamu buat mencari produk apakah yang tengah dalam program diskon. Dan jangan lupa, produk yang kita beli benar benar kita butuhkan, jadi bukan sekedar keinginan semata, sayangkan kalau uang kita habis hanya untuk memenuhi nafsu semata, sedangkan barang yang kamu beli akhirnya tidak terpakai dan sia sia.

Keempat, jauhi berbelanja secara melampaui batas. Untuk itu, prioritaskan yang jadi kebutuhan Kamu. Jangan membeli sesuatu cuma hanya penuhi kemauan semata. 

Kelima, carilah pendapatan tambahan buat menaikkan pundi pundi keuanganmu. Ada beberapa metode buat mencari bonus atau tambahan penghasilan, contohnya membuka bisnis, berjualan online, ataupun berinvestasi. Jeff bezos mengatakan, sebaiknya minimal kita memiliki 3 sumber penghasilan agar terjebak pada hidup miskin (catatan ; ini bagi yang penghasilan utamanya pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup), yang pertama adalah gaji pokok, yang kedua, bisnis, yang ketiga, bisnis yang berbeda atau investasi, kalau lebih silahkan asalkan sesuai dengan kemampuan kalian, jangan sampai hanya karena sibuk mengejar uang kita jadi lupa dengan keluarga terdekat apalagi sampai lupa untuk menyayangi diri sendiri.

Nah, seperti itu panduan yang bisa Kamu jalani buat mengelola keuangan Kamu sendiri. Jadi kamu sekarang tidak perlu cemas lagi hadapi krisis keuangan yang senantiasa membayangi kamu pada saat bertepatan pada tua. Ingatlah, walaupun Kamu masih berumur muda, tanggal tua bukan berarti kamu harus hidup merana. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Ini Dia Beberapa Tips Agar Keuangan Pribadi Tidak Seret Tiap Akhir Bulan"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)