Latest News

#PrayForNTT, NTT Berduka, Mari Berdonasi Untuk Saudara-Saudara Kita

Indonesia kembali berduka, karena pada hari minggu tanggal 4 April 2021 terjadi badai yang mengakibatkan banjir bandang di kabupaten Flores Timur, NTT. Bukan main-main, bencana kali ini mengakibatkan dampak yang cukup besar dan ini merupakan yang terparah setelah 10 tahun terakhir.

Menurut data dari BNPB, 128 orang dinyatakan meninggal dunia, dan 22.000 jiwa terdampak, selain itu banjir ini juga banyak menghancurkan berbagai infrastruktur dan bangunan lainnya.

banjir bandang ntt, siklon tropis seroja
source : cnn

Dari daerahnya sendiri ada beberapa yang terkena dampak. Yang pertama adalah kabupaten Sumba Timur, terdiri dari 4 kecamatan, yang kedua Kabupaten Lembata, tepatnya kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur, yang di dalamnya terdiri dari 5 desa. Yang ketiga adalah daerah Malaka Tengah dan Ngada, daerah ini bahkan mengalami putusnya listrik hingga internet.

Selain itu banyak lagi desa yang terkena dampak akibat banjir ini, termasuk Ibu Kota NTT yaitu Kupang.

banjir bandang ntt, siklon tropis seroja
source : kompas


Penyebab bencana alam ini sendiri, menurut BMKG ada 3 faktor, yang pertama siklon tropis seroja, kelembapan udara, dan kecepatan angin, namun yang paling dominan adalah siklon tropis seroja. 

Siklon tropis sendiri adalah badai yang cukup besar, radiusnya antara 150 sampai 200 km. terbentuk di atas lautan luas, biasanya terdapat pada suhu permukaan air laut hangat. Sedangkan angin kencang yang berputar di dekat pusatnya berkecepatan 63 km/jam. lalu datangnya darimana penamaan seroja ? penamaan seroja adalah usulan dari BMKG, jadi setiap ada siklon tropis, BMKG sudah memiliki namanya berdasarkan list yang sudah ada berdasarkan nama bunga.

Dari yang kami himpun dari berbagai portal berita, siklon tropis seroja adalah siklon ketujuh di wilayah Australia antara tahun 2020-2021, dan satu-satunya yang menelan korban jiwa. Khususnya di wilayah NTT.

Karena itulah, melalui tulisan ini saya menghimbau teman-teman untuk ikut membantu saudara-saudara kita yang memerlukan bantuan di NTT, Donasi Banjir Bandang NTT bisa kawan-kawan lakukan melalui link di bawah ini :

https://wahanavisi.org/id/kampanye/banjir-bandang-ntt

wahanavisi, banjir ntt

0 Response to "#PrayForNTT, NTT Berduka, Mari Berdonasi Untuk Saudara-Saudara Kita"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)