Latest News

Serba Serbi Investasi Reksadana



Reksa dana merupakan jenis investasi keuangan yang melibatkan perusahaan tertentu dalam hal pengelolaannya. Biasanya setiap perusahaan tersebut memiliki agen atau manajer investasi yang akan menjadi mitra investor dalam memilih jenis reksa dana hingga menjalankannya dengan baik sesuai dengan kerjasama di awal investasi. Seperti apa proses investasi hingga bisa menguntungkan?

Mulai Dari Pembelian Hingga Penjualan Reksadana

Untuk mulai melakukan investasi reksa dana Anda harus memahami proses pembeliannya seperti apa, begitu juga masalah pengontrolan investasi Anda, hingga penjualan kembali. Semuanya memiliki aturan yang jelas dan harus dipatuhi.

1. Pembelian

Anda bisa membeli produk reksa dana pada sejumlah lembaga kompeten seperti perbankan, kon bank yang sudah mengantongi izin menjual reksa dana, atau perusahaan di bidang sekuritas dengan produk reksa dana. Atau bisa juga memanfaatkan manajer khusus investasi yang tersertifikasi.

Prosesnya pembelian dimulai dengan membuka rekening bank, kemudian mitra Anda akan memfasilitasi transaksi pada hari yang ditentukan sebagai hari bursa yaitu saat saham diperdagangkan. Anda juga harus melengkapi dokumen diantaranya identitas, formulir untuk membeli investasi tersebut dan sebuah formulir yang isinya menjelaskan profil resiko.

2. Pengawasan

Untuk melihat pergerakan investasi reksa dana Anda, bisa dengan melihat melalui koran atau website khusus mitra. Contohnya Anda bermintra dengan https://id.tanamduit.com/reksa-dana maka monitoring bisa melalui websitenya. Selain itu setiap bulan pihak mitra terutama manajer bidang investasi akan memberikan laporan pergerakan investasi secara lengkap.

3. Penjualan

Sama halnya dengan investasi lain, reksa dana juga bisa dijual atau dicairkan oleh investor, tapi harus sesuai dengan jadwal pencairan yang sudah disepakati saat tanda tangan kontrak. Investor bisa menghubungi mitra untuk memfasilitasi proses pencairan. Biasanya setelah prosedur pencairan selesai, investor menunggu maksimal tujuh hari untuk mendapatkan dana.

Untuk melakukan investasi reksa dana saat ini bukanlah hal yang sulit dan butuh biaya mahal seperti anggapan banyak orang, karena sudah banyak produk yang ramah kantong dan bisa dimanfaatkan bagi Anda yang keuangannya pas-pasan. Tinggal pahami dan realisasikan tiga poin di atas agar dapat berinvestasi reksa dana dengan tepat dan menguntungkan.

0 Response to "Serba Serbi Investasi Reksadana"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)