Latest News

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Kismis ?

diabetes kismis


Kismis merupakan buah kering dengan rasa manis yang banyak digemari orang. Pertanyaannya: Bolehkah penderita diabetes makan kismis?

Para penderita diabetes sering kali kesulitan memilah makanan untuk dikonsumsi. Salah satu yang banyak yang ditanyakan adalah apakah kismis baik dan aman untuk penderita diabetes. 

“Kismis merupakan camilan yang tinggi serat, kaya antioksidan serta vitamin dan mineral. Konsumsi kismis tiga kali sehari dipercaya dapat membantu mengendalikan kadar gula darah,” kata dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter.

Baru-baru ini, dilakukan sebuah studi di Amerika Serikat yang melibatkan 46 orang dewasa. Semua partisipan memiliki sedikit peningkatan kadar gula darah meski tidak ada riwayat diabetes sebelumnya.

Partisipan dibagi secara acak ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi kismis sebagai camilan sebanyak tiga kali sehari, sedangkan kelompok kedua mengonsumsi camilan kemasan komersil yang tidak mengandung kismis, buah-buah atau sayuran lain.

Setelah 12 minggu, didapat bahwa kelompok yang mengonsumsi kismis mengalami penurunan rata-rata kadar gula darah 2 jam setelah makan sebanyak 16 persen. Sebaliknya, kelompok yang mendapat camilan komersil tidak mengalami penurunan signifikan terhadap kedua parameter tersebut.

Studi lain yang melibatkan 10 individu sehat juga menunjukkan hal yang sama. Kelompok yang mengonsumsi kismis sebagai sarapan mengalami penurunan gula darah setelah makan secara signifikan. Respons insulin pun tidak setinggi kelompok yang mendapatkan roti putih.

Hasil studi-studi ini memberi kesimpulan bahwa kismis memiliki indeks glisemik yang rendah, sehingga aman bagi penderita diabetes. Salah satunya karena kismis mengandung serat, yang sudah terbukti dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

“Selain itu, serat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan mencegah sembelit. Konsumsi makanan tinggi serat juga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama karena memperlambat pengosongan lambung. Dengan demikian, bagi Anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan, kismis bisa menjadi pilihan camilan yang baik” kata dr. Fiona menjelaskan.
Namun demikian, karena porsi kismis cenderung kecil, seseorang bisa tidak menyadari bahwa ia mengonsumsi lebih dari satu porsi kismis sekali makan. Untuk menghindarinya, selalu siapkan hanya satu porsi kismis untuk satu kali camilan.

Banyak diabetesi yang takut mengonsumsi kismis karena rasanya yang manis. Tetapi ternyata kismis bermanfaat bagi kesehatan selama dikonsumsi dalam batas wajar. Jadi, bila Anda sedang ingin makan yang manis-manis, kismis bisa menjadi pilihan yang sehat, bahkan pada individu yang mengalami diabetes.



0 Response to "Bolehkah Penderita Diabetes Makan Kismis ?"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)