Latest News

Diskusi Bersama FMB9 Dengan Tema Terobosan dan Sinergi Layanan Dasar di Kalimantan Selatan

Menkominfo melalui FMB9 kembali mengadakan diskusi yang mengundang sejumlah media masa di daerah, mulai dari jurnalis televisi, surat kabar, ataupun media tidak resmi seperti blogger dan vlogger.

FMB9 sendiri merupakan singkatan dari Forum Merdeka Barat, dimana salah satu tujuan forum adalah untuk menghalau hoax yang kadang terjadi di masyarakat. FMB9 juga merupakan forum resmi dari pemerintah untuk menyampaikan informasi strategi kepada masyarakat sekaligus juga mengklarifikasi isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat.

Pada forum tersebut saya hadir sebagai undangan dari blogger daerah bersama teman-teman dari blogger banua, ada beberapa pembahasan yang disampaikan pada saat itu, di antaranya adalah kesehatan, desa, dan pendidikan dengan tema acara 'Terobosan dan Sinergi Layanan Dasar di Kalimantan Selatan'.

Sedangkan pemateri sendiri di hadirkan langsung dari pejabat pemerintah terkait dan yang terpercaya salah satunya adalah staf ahli menteri bidang aksesbilitas sosial kemensos Marjuki. Salah satu hal yang disampaikan oleh Marjuki adalah mengenai PKH yang sudah di jalankan oleh pemerintah.

PKH atau Program Keluarga Harapan adalah program bantuan sosial bersyarat bagi keluarga miskin. PKH sendiri memiliki banyak tujuan ke masyarakat yang memerlukan bantuan, diantaranya seperti mengurangi kemiskinan dan kesenjangan, meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan, mendorong perubahan perilaku dan kemandirian KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dalam hidup sehat dan mengutamakan pendidikan, dll.

Program ini sudah dijalankan sejak tahun 2014 dan sudah dirasakan manfaatnya oleh sekitar 2,79 juta KPM, Angka KPM ini terus meningkat hingga tahun 2018 yaitu sekitar 10 juta KPM.

Perlu diketahui, angka kemiskinan di kalsel setiap tahunnya terus meningkat, hanya saja jika dibandingkan dengan tingkat nasional peningkatan kemiskinan di kalsel termasuk rendah, hal ini terlihat dari data grafik yang di tampilkan

.

Lalu apakan program ini mendapatkan hasil yang positif ? jawabannya ada ya, hal ini terbukti dari adanya peningkatan akses KPM terhadap fasilitas kesehatan dan pendidikan, yang memang menjadi salah satu tujuan dari PKH.

Sedangkan dari segi kesehatan ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, seperti menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu), AKB (Angka Kematian Bayi), gizi buruk dan stunting, untuk mencapai hasil ini pemerintah berupaya melaksanakan 15 program dimana 15 program ini akan menurunkan AKI, AKB, gizi buruk dan stunting.

Salah satu program yang sudah dijalankan adalah 1 desa, 1 bidan, 1 perawat, 1 ahli gizi dan 1 skm, dimana program ini terbukti dapat menurunkan AKB dan AKI di desa-desa.

Selain itu masih ada beberapa pembenahan yang harus dilakukan oleh pemerintah kedepannya, entah itu dari bpjs, ataupun peningkatan kualitas dokter di Indonesia khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.



Acara ini juga bisa di saksikan secara lengkap melalui www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).

2 Responses to "Diskusi Bersama FMB9 Dengan Tema Terobosan dan Sinergi Layanan Dasar di Kalimantan Selatan"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)