Latest News

Tips Belanja Online agar Tidak Tertipu dan Salah Beli Produk

harbolnas 2018, hari belanja online nasional 2018


Sekali waktu, rasa bahagia yang meluap-luap di dalam hati dapat membuat kita berpikir pendek sehingga mudah terjebak dan tertipu. Perasaan itu jugalah yang sering kita rasakan ketika berbelanja online. Apalagi di momen-momen besar seperti harbolnas. Dimana toko online memberikan diskon hingga 80% lebih atau iming-iming cashback hingga 100%. Tak pelak, kita pun jadi gelap mata dan ceroboh.

Berbicara soal belanja online. Saya ingin mengingatkan kalau tanggal 12 Desember nanti akan ada promo besar-besaran yang dilakukan oleh hampir semua toko online di Indonesia. Momen tersebut adalah harbolnas 2018 . Di mana hampir semua kategori produk akan ditawarkan dengan diskon atau cashback serta gratis ongkos kirim.

Hari belanja online nasional yang selalu bisa bikin kita kalap saat berbelanja tersebut tentu saja harus diwaspadai. Pasalnya, tidak jarang kita tertipu oleh diskon palsu atau menyesal karena salah beli produk akibat kehilangan kewaspadaan.

Agar berbagai kasus tidak menyenangkan tersebut tidak kamu alami saat berbelanja online, khususnya pada saat belanja di moment harbolnas 2018 nanti. Saya punya beberapa tips belanja online agar tidak tertipu dan salah beli produk, yang sebaiknya kamu ingat-ingat.

Tips belanja online agar tak tertipu dan rugi

1. Hindari produk yang harganya tidak masuk akal

Yang saya maksud dengan produk-produk dengan harga tidak masuk akal adalah produk yang dijual dengan harga kelewat murah. Bukan karena didiskon melainkan memang dihargai sangat murah.

Contohnya, apabila kamu menemukan sebuah smartphone yang harga aslinya Rp 2.299.000 tapi dijual dengan harga Rp 1.5 juta. Maka kamu wajib waspada. Karena jika bukan produk bekas, maka bisa jadi ini adalah penipuan. Jadi tetaplah berhati-hati.

Bagaimana jika smartphone tersebut harganya Rp 2.299.000 tapi didiskon 20% sehingga harganya akan menjadi sekitar Rp 1.8 jutaan? Yang seperti ini biasanya boleh dipercaya. Apalagi jika diskon tersebut diberikan pada momen seperti harbolnas 2018 dan setelah melihat reputasi penjual yang bagus berdasarkan jumlah bintang maupun testimoni pembeli. Maka, kamu boleh percaya.

Bahkan jika smartphone tersebut di diskon lebih dari 20%. Misalnya di diskon hingga 50%, kamu tetap bisa percaya apabila didukung oleh alasan-alasan yang kuat seperti reputasi penjual yang bagus (ditandai dengan jumlah bintang yang banyak) dan testimoni yang positif.

2. Belilah produk yang dikirim dari dalam negeri

Saat ini, ada beberapa toko online yang produk-produknya dikirim dari luar negeri oleh penjual (dari luar negeri). Walaupun kita bisa melakukan klaim apabila terjadi kesalahan. Entah itu, salah mengirim warna produk, produk tertukar, dan lain sebagainya. Kita akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menunggu.

Menunggu produk yang dikirim dari luar negeri hingga kita terima pun sebenarnya lumayan lama. Jadi bisa dibayangkan berapa waktu yang akan kita butuhkan untuk melakukan retur dan mendapatkan produk yang sesuai dengan yang kita beli.

3. Belanjalah hanya di toko online populer yang terpercaya

Setelah saya memberikan beberapa tips belanja online agar tidak tertipu dan salah beli produk--di atas. Saya ingin sedikit menambahkan tips lain.

Yang terakhir, berbelanjalah hanya di situs atau toko online populer yang terpercaya seperti Bukalapak.

Misal, jika kamu ingin berbelanja di harbolnas 2018 nanti. Kamu tidak perlu ragu berbelanja menggunakan aplikasi Bukalapak ataupun melalui browser. Karena Bukalapak sebenarnya merupakan salah satu pencetus dari harbolnas itu sendiri.

Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah menghindari kerugian akibat penipuan. Karena toko online seperti Bukalapak selalu berusaha untuk melindungi konsumennya (pembeli) dan sebaliknya juga melindungi penjual agar sama-sama tidak mengalami kerugian.

0 Response to "Tips Belanja Online agar Tidak Tertipu dan Salah Beli Produk"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)