Latest News

Tips Merawat Anak Dengan Kelahiran Prematur




Setiap anak pastinya lahir dengan kondisi yang berbeda-beda, ada yang normal, ada juga yang dilahirkan secara prematur karena beberapa faktor. Pertumbuhan dan perkembangan anak prematur memang berbeda dengan anak normal lainnya. kita sebagai orang tua perlu melakukan perawatan yang ekstra. Hal ini bertujuan agar mereka bisa tumbuh dengan sehat dan baik. Berikut ini ada beberapa cara merawat anak yang lahir prematur, diantaranya:

1.    Beri imunisasi dan vaksin
Pada dasarnya tubuh anak yang lahir prematur itu lemah. Salah satu cara untuk melindungi mereka dari berbagai serangan infeksi dan penyakit adalah dengan memberikan imunisasi dan vaksin. Anda bisa melakukan jadwal vaksin sama seperti anak normal lainnya.
  
2.    Siapkan kamar yang bersih dan aman
Seperti yang disebutkan tadi diatas, bahwa tubuh anak prematur sangat lemah sehingga rentan terkena serangan infeksi dan penyakit serius. Kebersihan lingkungan juga menjadi salah satu faktor timbulnya bakteri dan virus yang tidak baik untuk tubuh bayi. Maka dari itu jauhkan bayi dari lingkungan yang berpolusi seperti debu, asap rokok, bahan kimia yang berbahaya dan lain sebagainya. usahakan juga kamar anak anda selalu tetap bersih dan aman.

3.    Perhatikan nutrisi anak
Tubuh anak yang prematur juga membutuhkan nutrisi yang sangat banyak untuk menunjang tumbuh kembang mereka. Maka dari itu jika mereka masih bayi, usahakan untuk menjalankan program ASI, karena bagaimanapun juga itu merupakan asupan nutrisi yang terbaik untuk mereka. Berilah mereka makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan segar.

4.    Jangan sampai anak terlalu lelah
Anak-anak pastinya cenderung aktif bergerak. Namun untuk mereka yang lahir prematur usahakan untuk jangan sampai mereka kelelahan. Untuk itu beri mereka waktu istirahat yang lebih panjang atau sering guna menjaga daya tahan tubuhnya tetap kuat dan sehat.
Itulah beberap tips merawat anak yang lahir prematur. Pastikan untuk selalu menjaga dan memperhatikan tumbuh kembang anak prematur sehingga mereka bisa tumbuh seperti anak-anak yang lainnya.

0 Response to "Tips Merawat Anak Dengan Kelahiran Prematur"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)