Latest News

Berbagai Energi Listrik Alternatif yang Bisa Anda Gunakan Saat Mati Listrik

lampu emergency


Listrik jadi suatu kebutuhan yang penting bagi setiap orang saat ini. Setiap aktivitas dalam kehidupan kini membutuhkan listrik sehingga membuat peran listrik menjadi sangat vital dalam kehidupan manusia. Tapi, bagaimana jika Anda tengah berada dalam kondisi mati listrik dan membutuhkan listrik saat itu juga?

Ketika dalam kondisi mati listrik, Anda dapat menyiasati kebutuhan listrik secara mendesak dengan cara menggunakan energi listrik alternatif. Karena, dengan alternatif tersebut Anda bisa mendapatkan tenaga listrik cadangan yang bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu. Tapi apa saja energi listrik alternatif yang bisa Anda gunakan? Berikut ini beberapa alternatifnya.

Tenaga surya

Cahaya matahari yang terpancar setiap harinya bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh melainkan juga untuk mengalirkan listrik. Karena, Anda bisa mengubah cahaya matahari tersebut menjadi aliran listrik dengan menggunakan panel surya. Penggunaan panel surya telah banyak digunakan oleh banyak rumah di dunia untuk mengalirkan listrik secara mandiri kedalam rumah mereka. Alternatif ini bisa meringankan tagihan listrik Anda sehari-hari sekaligus menjadi sumber energi listrik alternatif yang perlu Anda perhitungkan saat mengalami mati listrik.

Aki / Accu

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan sumber energi listrik alternatif yakni dengan memanfaatkan aki. Aki atau accu merupakan baterai dengan kapasitas yang cukup besar sehingga dapat mengalirkan listrik untuk berbagai benda elektronik. Penggunaan aki biasa digunakan pada kendaraan bermotor dan genset. Biasanya, saat genset rusak atau sedang melakukan service genset, mengganti aki jadi solusinya sehingga Anda bisa mengandalkan aki sebagai sumber energi listrik alternatif.

Genset

Sumber energi listrik alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan saat mati listrik adalah genset. Genset jadi benda yang paling sering dipakai karena penggunaannya yang mudah dan kapasitasnya yang cukup besar. Selain itu, Anda juga hanya perlu menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesin genset saat tengah dibutuhkan.

Menggunakan genset bisa menjadi alternatif terbaik saat tengah mati listrik. Tapi, Anda perlu merogoh kocek cukup dalam untuk membeli genset meski tidak digunakan setiap saat. Agar lebih efisien, maka Anda bisa sewa genset saat tengah memerlukannya sehingga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

2 Responses to "Berbagai Energi Listrik Alternatif yang Bisa Anda Gunakan Saat Mati Listrik"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)