Latest News

Sekilas Tentang Venture Capital

venture capital
Istilah yang berikut ini mungkin akan terdengar asing di telinga. Tapi setelah membaca artikel berikut ini maka Anda akan mengerti makna dari venture capital. Pada dasarnya makna secara harfiahnya adalah bisnis startup yang bergerak dalam bidang pendanaan atau funding untuk bisnis-bisnis startup lain yang dinilai memiliki potensi untuk berkembang lebih besar lagi. Lantas darimana mereka memperoleh dana tadi? Mereka memperoleh dana dari investor khusus yang dinamai limited partners. Agak membingungkan memang. Namun penjelasan berikut ini akan membuat Anda tahu seluk beluk istilah tersebut.

Hal-hal Seputar Venture Capital

Seperti yang telah disinggung di awal, venture capital (vc) bergerak di bidang funding atau pendanaan yang diperuntukkan kepada startup yang dinilai potensial. Pendanaan tersebut berguna sebagai dana segar yang akan diterima oleh para startup founder untuk mengembangkan bisnis yang mereka bangun. Orang-orang yang menjalankan bisnis vc ini disebut venture capitalist.

Venture capitalist sebetulnya hanyalah orang-orang yang bertugas memutarkan uang. Uang siapa? Uang dari limited partners mereka. Jadi si bos sesungguhnya adalah para limited partners ini. tapi biasanya identitas LP dijaga kerahasiaannya oleh pelaksana di venture capital. Lanjut tentang mengapa LP memiliki banyak sekali uang? Ya alasannya bisa karena banyak hal, yang jelas para limited partner ini memang memiliki uang berlebih yang sayang jika dibiarkan mandeg atau tidak berputar.

Venture capitalist adalah sekumpulan orang-orang yang berdedikasi tinggi untuk bisa menentukan pilihan startup mana yang potensial untuk disokong pendanaan dari mereka. Meskipun disebut-sebut sangat berisiko, para venture capitalist punya perhitungannya sendiri sehingga risiko itu memang layak diambil. Ya, dengan skema pengembalian dana plus profit yang akan diberikan oleh pihak startup yang berhasil go publik misalnya, pasti jauh lebih besar daripada kemungkinan rugi yang akan mereka tanggung.

Sebenarnya sudah banyak venture capitalist yang ada di Indonesia, hanya memang perusahaan ini belum terlalu dikenal. Bila Anda berminat mengetahui lebih banyak maka bisa langsung cari di search engine maka akan ada banyak contoh di sana tentang beberapa kantor funding tersebut.

Beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang perusahaan pendanaan ini adalah uang mereka tidak berasal dari harta karun. Jadi lebih tepatnya memang ada orang yang juga menjadi investor untuk mereka supaya bisa bersentuhan dengan bisnis-bisnis rintisan potensial seperti yang Anda miliki.

Setiap perusahaan funding ini akan melakukan investasi yang berbeda. Sebenarnya semua tergantung limited partner dari perusahaan funding tersebut. Karena tentunya kewajiban dari funding tersebut adalah untuk memberikan keuntungan juga buat si partners ini. dapat dipastikan roda penggeraknya ya limited partners atau LP tadi.

Bila ingin meraih sukses membangun sebuah perusahaan funding ini maka Anda harus “bertangan dingin”. Maksudnya adalah Anda tidak hanya tahu kapan saat masuk ke sebuah bisnis startup tertentu, tetapi Anda juga tahu kapan harus keluar dari pendanaan tersebut.

Setiap vc mempunyai masa. Maksudnya adalah setiap pendanaan yang diberikan tidak akan bersifat selamanya. Biasanya ada jangka waktu tertentu seperti lima tahunan, atau lima belas tahun misalnya. Setelah masa itu habis, biasanya akan ada kesepakatan, entah itu lanjut atau akan masuk ke wilayah saham.

Itulah tadi beberapa hal yang wajib Anda tahu tentang venture capital. Informasi ini tidak hanya berguna bagi Anda yang memulai bisnis rintisan tetapi berguna juga untuk yang ingin mendirikan perusahaan pendanaan Anda sendiri. Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 Response to "Sekilas Tentang Venture Capital"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)