Latest News

5 Sajian Kuliner Khas Minang yang Tidak Boleh Anda Lewatkan Saat Berkunjung ke Bukittinggi


 airy rooms
(sumber : sportourism.id)

Berlibur kesuatu daerah tentu kurang lengkap jika belum mencicipi hidangan khasnya, begitu pula jika Anda berkunjung ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Selain menawarkan deretan tempat wisata yang menakjubkan, Tanah Minang ini juga memiliki banyak hidangan kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Jika Anda sedang berkunjung ke Bukittinggi, berikut adalah 5 sajian kuliner khas Minang yang wajib Anda cicipi.

1.     Nasi Kapau

Nasi kapau adalah hidangan kuliner khas Bukittinggi yang berisi nasi putih, daun singkong, sayuran kol kuning, dadak rendang (potongan singkong kering yang dicampur bumbu rendang), rendang ayam, serta dendeng batotok. Selain rendang ayam, Anda pun bisa memilih lauk pauk yang lain seperti rumah makan masakan Padang pada umumnya. Di Bukittinggi, salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati nasi kapau yang nikmat adalah Warung Nasi Kapau Ni Er yang berlokasi di Jalan Pemuda, Aur Tajungkang Tengah Sawah, Guguk Panjang, Benteng Ps. Atas, Bukittinggi.

2.     Pical Ayang

Pical ayang adalah sebuah bubur manis yang di dalamnya terdiri dari bubur lemu, bubur kacang hijau, lupis, dan kemudian disiram dengan santan dan gulamerah. Sekilas, sajian kuliner ini sekilas memang mirip dengan bubur sumsum khas Jawa. JikaAnda sedang berkunjung kekawasan Ngarai Sinaok, sempatkan untuk ke Jalan Ateh Ngarai karena di sana banyak warung-warung yang menjual pical ayang. Untuk menikmati satu porsi picalayang, Anda cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 6.000 saja. Cukup murah, bukan?

3.     Kerupuk Siram

Sajian kuliner khas Bukittinggi berikutnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah kerupuk siram. Sesuai dengan namanya, jajanan ini berupa kerupuk lebar yang diatasnya diberi mie dan disiram dengan bumbu kari atau bumbu sate. Jika Anda berkunjung kekawasan wisata Jam Gadang, di sana Anda akan menemukan banyak penjual yang menjajakan jajanan ini. Untuk harganya, Anda hanya perlu menyiapkan uang mulai dari Rp4.000 untuk satu porsinya.

4.     Pical Sikai & Lamang Tapai

Makanan yang satu ini merupakan salah satu sajian kuliner khas Bukittinggi yang menjadi favorit para wisatawan. Pical sikai sendiri sebenarnya hampir mirip dengan pecel khas Jawa. Bedanya, dalam picai sikai terdapat sayuran-sayuran yang tidak ditemukan dalam pecel, seperti misalnya jantung pisang, rebung, serta beberapa sayuran lainnya. Sementara, lamang tapai adalah jajanan yang bentuknya semacam tapai ketan di Jawa.

5.     Sate Danguang-Danguang

Sate danguang-danguang sebenarnya lebih banyak ditemukan di daerah Payakumbuh. Namun, di Bukittinggi juga cukup banyak penjual yang menjajakan sate danguang-danguang di malam hari. Sate danguang-danguangs endiri merupakan sate daging yang dipotong tipis-tipis dan disiram dengan bumbu sate berwarna kuning yang banyak mengandung kelapa. Biasanya, makanan ini disajikan di atas piring kecil yang diberi alas daun pisang dan diberi potongan lontong dan kerupuk sebagai pelengkap.

Jadi, itulah beberapa sajian kuliner khas Minang yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Bukittinggi. Nah, jika Anda mencari hotel murah di Bukittinggi untuk tempat menginap, salah satu tempat yang sangat direkomendasikan adalah kamar-kamar dari jaringan hotel Airy Rooms.

Sebagai jaringan hotel terbesar di Indonesia yang sudah memiliki banyak cabang di berbagai kota, Airy Rooms menawarkan penginapan dengan tarif yang terjangkau dan fasilitas terbaik. Untuk memberi kenyamanan yang maksimal pagi pengunjungnya, Airy Rooms selalu menjamin kamar-kamar hotelnya dengan tujuh jaminan fasilitas yang di antaranya termasuk AC, TV layar datar, Wifi, air minum gratis, kasur yang empuk dan nyaman, perlengkapan mandi, serta kamar mandi dengan pancuran air dingin dan air hangat.

airy rooms

Untuk pemesanannya, Anda bisa melakukan pemesanan secara online melalui aplikasi mobile Airy Rooms di Android atau iOS.  Sementara, untuk pembayarannya, Anda bisa memilih metode pembayaran melalui Indomaret, transfer antar bank, atau kartu kredit. 

2 Responses to "5 Sajian Kuliner Khas Minang yang Tidak Boleh Anda Lewatkan Saat Berkunjung ke Bukittinggi"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)