Latest News

Memahami Penanganan Luka Bakar Sesuai Kategorinya


perawatan, luka bakar
Luka bakar adalah kondisi kerusakan jaringan tubuh yang disebabkan oleh panas. Luka ini dapat dialami oleh siapa saja dan dimana saja baik di rumah, tempat kerja atau bahkan di tempat umum. Penyebabnya pun beragam, antara lain karena terkena minyak panas, knalpot, cairan kimia, dan listrik. Mengetahui tingkat keparahan luka bakar sangat penting untuk menentukan pengobatan dan perawatan luka bakar selanjutnya.
Penanganan pertama pada luka bakar akan mempengaruhi lama penyembuhan dan bekas luka. Namun kebanyakan orang percaya mitos tentang odol, mentega, atau cairan berminyak lainnya untuk penanganan pertama. Luka bakar itu sendiri ada tingkatan atau kategorinya, yaitu ringan, sedang, dan berat. Setelah mengetahui tingkat atau jenisnya barulah dapat menentukan perawatan luka bakar yang tepat. Untuk kategori ringan perawatannya cukup diolesi dengan salep antibiotik, atau obat penghilang nyeri. Sementara untuk kategori sedang harus dengan krim antibiotik, salep, atau obat yang diresepkan oleh dokter.
Pengobatan untuk kategori berat tidak dapat hanya dengan salep atau obat, karena kategori ini area terbakarnya mencakup seluruh tubuh. Luka bakar yang parah dan merusak sebagian besar jaringan tubuh memerlukan perawatan di rumah sakit. Suntikan antibiotik untuk mencegah infeksi harus segera dilakukan serta cairan untuk menggantikan cairan yang hilang saat kulit terbakar. Pasien dalam kategori ini juga memungkinkan tindakan operasi, fisioterapi, rehabilitasi, atau bahkan perawatan seumur hidup.
Untuk penanganan luka bakar tingkat sedang, kita dapat melakukannya sendiri tanpa harus ke rumah sakit. Ini hanya mempengaruhi lapisan kulit luar. Cara merawat luka bakar kategori sedang yaitu alirkan air ke bagian yang terluka, hal ini untuk mencegah kerusakan kulit semakin luas, lepaskan jam tangan atau gelang yang menempel ketat. Bersihkan luka, oleskan salep antibiotik  kemudian perbanlah dengan dengan kain kasa yang lembut. Untuk merekatkan kain kasa ke bagian yang luka, gunakan plester perekat luka hansaplast yang perekatnya kuat dan tidak mudah terkelupas.
Itulah perawatan luka bakar sesuai tingkat atau kategorinya. Ingat, hindari memecahkan sendiri luka melepuh pada kulit untuk mencegah infeksi dan memperparah luka bakar.  Kunci dalam pengobatan luka bakar berat adalah sabar. Tubuh memerlukan waktu untuk memunculkan jaringan baru pada luka bakar.
Semoga bermanfaat!

1 Response to "Memahami Penanganan Luka Bakar Sesuai Kategorinya"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)