Latest News

Peer To Peer Lending dan Potensi Untuk Mengalahkan Bank


Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, meminjam dana kini tak hanya dilakukan melalui bank. Anda dapat meminjam dana dengan menggunakan teknologi peer to peer lending. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk meminjam dana dan berpotensi untuk mengalahkan bank. Benarkah demikian? Berikut ini beberapa alasannya.

Skema yang lebih transparan

Salah satu penyebab mengapa peer to peer lending berpotensi untuk mengalahkan bank dikemudian hari adalah skema yang lebih transparan. Pada skema investasi peer to peer lending, investor berhak untuk menentukan peminjam mana yang ingin mereka pinjamkan uang. Skema yang lebih transparan tersebut membuat para investor dapat mengetahui peminjam mana yang lebih menguntungkan untuk mereka sekaligus mengetahui untuk apa uang yang mereka pinjamkan nantinya sehingga wajar jika peer to peer lending dianggap sebagai investasi online terbaik saat ini.

Berbeda dengan peer to peer lending, perbankan konvensional tidak menggunakan skema yang transparan dalam urusan meminjamkan dana. Saat akan meminjamkan dana, bank akan menggunakan dana yang dihimpun dari para orang yang menabung. Jadi, secara tidak langsung, skema yang digunakan bank tidak transparan seperti halnya skema yang digunakan peer to peer lending dalam meminjamkan dana.

Pencairan pinjaman lebih cepat

Penyebab lainnya mengapa peer to peer lending berpotensi untuk megalahkan bank di kemudian hari adalah karena proses pencairan pinjaman yang lebih cepat. Salah satu kekurangan bank yang banyak dikeluhkan oleh para peminjam adalah pencairan pinjaman yang lama prosesnya. Karena lama maka tak sedikit calon debitur yang enggan untuk meminjam uang ke bank dan memilih untuk meminjam uang ke lembaga keuangan lainnya.

Berbeda halnya dengan peer to peer lending. Pada platform peer to peer lending, debitur bisa melakukan pencairan dana lebih cepat dibandingkan. Syaratnya hanyalah jika nominal pinjaman yang diajukan telah terpenuhi seluruhnya oleh para kreditur yang meminjamkan uang kepadanya. Proses tersebut biasanya lebih cepat dibandingkan proses pencairan pinjaman di bank.

Bunga yang lebih menguntungkan untuk investor

Berapa bunga yang Anda dapatkan ketika menabung di bank? Lalu, berapa bunga yang Anda dapatkan ketika menaruh dana Anda pada deposito di bank? Semua yang ditawarkan pasti tidak sebesar dengan apa yang ditawarkan oleh peer to peer lending. Akibatnya, banyak investor yang menganggap bahwa investasi ini merupakan investasi yang bagus untuk menaruh dananya.

0 Response to "Peer To Peer Lending dan Potensi Untuk Mengalahkan Bank"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)