Latest News

Kualitas Demokrasi Indonesia Saat Ini


Sudah diketahui secara umum jika di Indonesia memiliki sistem pemerintahan demokrasi, yang mana segala kekuasaan berada di tangan rakyatnya. Demokrasi merupakan pemerintah yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dari penjelasan tersebut dapat dikatakan jika kepentingan pemerintah didedikasikan hanya untuk rakyat, entah itu pemimpin, lembaga-lembaga pemerintahan, DPR, DPRD, dan DPD semua hanya menjalankan amanah sebagai perwakilan rakyat dalam menjalankan pemerintahan. Demokrasi yang diadakan 5 tahun sekali salah satunya pemilu, seringkali menjadi berita politik nasional yang tidak pernah habis untuk dibahas dan diperbincangkan karena selalu saja ada masalah yang  menyelimuti kegiatan pemilu tersebut. Di antaranya yakni adanya sebagian masyarakat yang tidak menggunakan hak suaranya, terdapat kampanye hitam dan permasalahan lainnya.
Bahkan yang baru – baru terjadi adalah adanya dugaan penistaan agama dalam hal demokrasi di tahun ini, khususnya pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Di mana hal tersebut menjadi berita dari ranah politik yang paling menggemparkan Indonesia, sehingga banyak masyarakat yang turut terlena pada maraknya pemberitaan hingga turut berkomentar. Demokrasi di Indonesia sendiri masih berada pada ranking bawah di dunia, di mana hal tersebut dapat saja disebabkan oleh adaya berbagai masalah yang menyelimuti kegiatan demokrasi tersebut. Berbagai masalah yang menyelimuti salah satu kegiatan politik yakni pemilu ini memang seharusnya ditemukan solusi tepat aga ke depannya masyarakat dapat merasakan peran demokrasi di Indonesia, dan kualitas demokrasi Indonesia menjadi lebih baik lagi agar pandangan demokrasi Indonesia di kancah internasional berada pada peringkat atas.

Tujuan dalam uraian di atas tentu harus dilakukan atas dukungan dari pemerintah dan juga masyarakat Indonesia sendiri, di mana masyarakat seharusnya lebih berfikir secara bijak daam menyikapi berbagai masalah pemilu dan demokrasi yang diselenggarakan untuk memilih wakil – wakil dan pemimpinnya. Sedangkan sebagai pemerintahan diharapkan mampu mengayomi, mengontrol atau mengawasi serta menyelenggarakan sistem demokrasi dengan terpadu dan berkala melalui berbagai macam pendekatan yang tidak merugikan orang banyak khususnya masyarakat Indonesia. Demokrasi yang selalu menjadi berita politik Indonesia bahkan di berbagai negara di dunia, memang sebaiknya diperlukan peran serta dan kerjasama antar masyarakat dan pemerintah agar tercipta kualitas demokrasi yang aman dan tanpa gangguan.  

2 Responses to "Kualitas Demokrasi Indonesia Saat Ini"

  1. yap memang seharusnya masyarakat ikut berpartisipasi dalam hal demokrasi. karena semuanya dari rakyat dan untuk rakyat

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)