Latest News

Pilih-pilih Sapi Kurban Terbaik dengan Tips Mudah Ini!

sapi kurban, hewan kurban, idul adha, hari raya haji
Perayaan Idul Adha sebentar lagi tiba. Umat muslim sudah sibuk mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari untuk menyambutnya. Salah satu persiapan yang menyibukkan adalah pembelian hewan kurban. Hewan yang dikurbankan untuk Idul Adha di Indonesia sendiri umumnya adalah sapi, kambing atau domba yang mudah ditemukan di peternak lokal. Harganya sendiri bervariasi dan umumnya naik ketika menjelang Idul Adha. Kenaikan sendiri bisa mencapai 50% dari harga biasanya tergantung peternak memasang harga.

Salah satu hewan yang banyak dipilih untuk dikurbankan adalah sapi. Hal ini lantaran sapi bisa digunakan untuk 7 orang sekaligus sehingga banyak juga yang mengadakan arisan atau iuran kurban demi bisa berkurban sapi. Tentunya untuk keperluan berkurban, hewan yang dipilih haruslah hewan yang sehat dan sesuai ketentuan agama Islam sehingga ibadah bisa semakin total. Ciri standar dari sapi yang sehat diantaranya adalah dengan bentuk tubuh yang proporsional, gemuk kuat dan pastinya sehat. Dengan memilih hewan yang terbaik, maka kesungguhan dalam beribadah pun bisa terlihat.

Untuk mendapatkan sapi kurban terbaik, berikut ini beberapa hal yang patut untuk Anda perhatikan:


  1. Mata tampak jernih dan tidak sayu
Mata sapi yang akan Anda beli haruslah jernih dan terbuka secara penuh. Coba lihat kembali bagian matanya, jika pupil bereaksi dengan cepat dan tidak keluar air mata atau mata tidak berwarna merah, maka sapi tersebut bisa dikatakan sebagai sapi yang sehat. Apabila Anda menemukan sapi dengan mata tampak kotor, maka bisa jadi jika sapi tersebut sedang dalam kondisi sakit.


  1. Bentuk tubuh proporsional
Selanjutnya postur tubuh dari sapi juga akan memberikan pertanda apakah sapi tersebut dalam kondisi yang baik atau tidak. Postur sapi haruslah ideal dan proporsional mulai dari kombinasi perut, kaki bagian depan, belakang, leher hingga kepalanya harus seimbang.


  1. Kulit bersih
Beberapa pembeli juga kerap melewatkan hal ini, yaitu bagian kulitnya. Meski terkadang bulu sapi terlihat bagus, namun kulitnya belum tentu. Untuk itu, cek kembali bagian kulitnya dan pastikan sapi tersebut tidak memiliki bisul atau bahkan mungkin penyakit kulit lainnya. Cobalah cubit sedikit kulit sapi dan jika bentuk kulit kembali seperti semula, maka sapi tersebut sehat.


  1. Lubang tubuh sapi
Bagian tubuh berupa lubang mulai dari mulut, hidung, hingga anus sapi juga harus tampak lembab dan bersih. Hindari membeli sapi dengan bagian lubang-lubang yang mengeluarkan air atau bahkan darah serta dalam kondisi kotor.


Sapi juga akan bergerak lincah ketika didekati manusia yang baru secara umum. Untuk itu, pilihlah sapi lincah yang bergerak aktif dan sehat. Dengan sapi yang sehat dan sempurna, maka ibadah pun akan semakin bermakna.

1 Response to "Pilih-pilih Sapi Kurban Terbaik dengan Tips Mudah Ini!"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)