Latest News

Kenali 3 Peran Lembaga Wakaf yang Membantu Siapa Saja Beramal dengan Hartanya

lembaga wakaf terbaik


Ada sejuta cara bisa ditempuh untuk menjadikan harta Anda semakin berkah dan bermanfaat bagi orang banyak. Manusia hidup di dunia hanya sementara jika menghitung-hitung harta yang dimiliki dan enggan beramal maka hidup terasa sia-sia. Anda punya banyak bekal hidup di dunia sehingga bisa makan enak, tinggal di rumah mewah dan nyaman, serta mampu memenuhi aneka kebutuhan dan keinginan. Namun sepeninggal Anda harta tersebut sepeserpun tidak mendatangkan manfaat yang tidak mampu menyeret Anda memasuki pintu surga.

Beramal Melalui Wakaf

Harta Anda yang tergolong berlimpah bisa diamalkan, dan sekian cara bisa ditempuh salah satunya dengan berwakaf. Menunaikan wakaf bisa dilakukan dengan menitipkan harta atau barang kepada lembaga wakaf agar manfaatnya terasa maksimal. Anda bisa menunaikan wakaf dengan beragam metode, misalnya menitipkan tanah untuk dibangun tempat ibadah, panti asuhan, sekolah, dan sebagainya. Bisa pula memilih mewakafkan harta dalam bentuk tunai untuk kemudian oleh lembaga khusus wakaf akan mengaturnya menjadi sebuah barang yang berguna bagi banyak orang.

Peran Lembaga Pengelola Wakaf

Mewakafkan harta kepada lembaga khusus pengelola wakaf terbilang lebih efektif, sebab lembaga satu ini punya banyak peran dalam wakaf Anda. Peran tersebut antara lain:

  • Memastikan harta wakaf menjadi aset bermanfaat,

Bagi Anda yang hendak berwakaf tentu akan sangat terbantu dengan lembaga yang fokus mengurus wakaf Anda tersebut. Nantinya akan ada jaminan bahwa harta yang Anda wakafkan entah uang tunai ataupun tanah benar-benar bermanfaat. Tidak ada istilah harta wakaf Anda terbuang percuma sebab berada di lokasi yang sulit dijangkau ataupun karena faktor lainnya. Bisa pula menghindari kemungkinan harta wakaf Anda tidak berjalan dengan semestinya karena sudah dikelola sebaik mungkin.

  • Mengajak orang sekitar merawat wakaf tersebut,

Lembaga yang mengelola wakaf umumnya akan memberikan pelatihan atau himbauan bagi pengguna wakaf tersebut untuk merawat dan menggunakannya dengan baik. Misalnya Anda mewakafkan tanah dan diatasnya dibangun sebuah pesantren, maka anak didik pesantren akan dilatih merawat bangunan tempatnya belajar ilmu agama. Tanah Anda mendatangkan pahala dalam jangka panjang, sebab dengan perawatan tepat dan penggunaan untuk kegiatan bermanfaat memberi pahala berlipat.

  • Membantu Anda menentukan wakaf yang terbaik,

     Sebuah lembaga yang mengelola wakaf memiliki wewenang untuk menerima ataupun menolak harta yang Anda wakafkan. Sehingga peran penting dari lembaga ini adalah membantu siapa saja mewakafkan harta yang dimilikinya dengan benar. Nantinya akan bisa mewakafkan harta terbaik yang tentunya memberikan manfaat lebih banyak dan terus-menerus. Anda nantinya pun akan dibantu lembaga tersebut memberikan harta terbaik, apakah dengan tanah, bangunan, atau uang yang dianggap lebih dibutuhkan di lokasi wakaf yang disasar lembaga tersebut. 

0 Response to "Kenali 3 Peran Lembaga Wakaf yang Membantu Siapa Saja Beramal dengan Hartanya"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)