Latest News

Cara Merawat Perlengkapan Outdoor Yang Baik dan Benar

naik gunung, sepatu gunung, cara naik gunung, eiger, sepatu eiger

Dalam dunia pendakian tentunya kamu harus mengenal jenis-jenis peralatan outdoor dan cara merawatnya. Mengingat harga barang-barang outdoor ini tidak murah. Hal ini wajar mengingatperalatan pendakian memang didesain dengan kualitas yang baik dan nyaman sehingga merawatnya agar tetap awet adalah sebuah keniscayaan. Misalnya, tidak dapat dipungkiri, sepatu outdoor dapat cepat rusak karena akan selalu dihadapkan dengan medan yang berat. Seperti, sepatu outdoor eiger yang kini menjadi pilihan favorit para pendaki, pasti akan kamu gunakan di alam bebas dengan medanyang berat dimana hal itu akan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih cepat jika tidak dilakukan perawatan. Maka dari itu, melakukan perawatan bagian luar dan dalam sepatu adalah hal yang harus dilakukan agar sepatu tidak cepat rusak.

Cara merawat perlengkapan outdoormu tidak terlalu sulit asal kamu rajin dan teliti saat membersihkannya. Beberapa peralatan outdoor yang wajib dirawat adalah:

Jaket
Jaket berfungsi untuk menahan hawa dingin ketika kamu mendaki atau berada di alam bebas. Pastikan jaketmu sudah waterproof dan berbahan polar didalamnya. Cara merawat jaket tidak sulit cukup rendam dengan air hangat atau langsung dari kran selama 30 menit. Jika ada noda bersihkan hanya pada noda tersebut untuk menghindari kerusakan pada bahan kain. Jemur dengan cara dibalik agar latexnya tidak cepat pecah. Jika ingin disetrika lapisi lebih dulu dengan handuk atau kain lain yang dapat menahan panas dengan suhu kecil atau menengah.

Tas gunung
Benda lain yang melekat ditubuhmu selain jaket adalah tas gunung. Sebagai wadah untuk menampung segala perlengkapan dan keluh kesahmu tentu saja tas gunungmu harus tahan disegala cuaca. Berbahan parasut dan anti air serta ringan sehingga tidak memberatkanmu. Sebab beban hidup aja sudah berat jangan lagi ditambah dengan beban tas yang berat. Sebagai salah satu perlengakapan outdoor yang kudu dibawa tas gunungmu juga perlu perawatan. Keluarkan segera segala barang setelah kamu sampai di rumah. Bersihkan bagian dalam tas hingga ruang terkecilnya untuk menghindari adanya pasir atau benda lain yang mengendap. Angin-anginkan tas dan gunakan bros untuk menyikat bagian yang kotor. Masukkan kertas sampai tas menggembung untuk menjaga bentuknya agar tidak cepat berubah.

Sleeping Bag
Benda yang satu ini bisa dibilang tidak boleh tinggal. Karena dia bertanggung jawab atas hilangnya penat lelahmu ketika mendaki. Sleeping bag sering cepat rusak disebabkan kekeliruan dalam merawatnya. Jika ingin sleeping bagmu awet bentangkan dengan benar dan hindari benda-benda tajam ketika kamu memakainya. Gulung atau lipat kembali seperti semula setelah dipakai dan pastikan kamu membersihkannya setelah pulang dari mendaki gunung.

0 Response to "Cara Merawat Perlengkapan Outdoor Yang Baik dan Benar"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)