Latest News

Memilih Hunian di Apartemen? Pertimbangkan Dulu Hal-hal Ini

Memilih hunian adalah kegiatan yang susah-susah gampang. Pasalnya, ada banyak hal yang harus menjadi pertimbangan sebelum Anda mengambil keputusan. Menjadi susah jika pertimbangan tersebut tidak memberikan opsi yang dirasa pas, namun menjadi mudah jika opsi-opsinya cukup longgar.
apartemen, apartment

Terutama bagi Anda yang tinggal di Jakarta, pilihan yang Anda miliki justru sangat banyak, tetapi terbatas. Mau memilih hunian rumah sendiri bisa, tinggal di rumah indekos memungkinkan, menyewa rumah kontrakan bukan hal yang mustahil, dan memutuskan pilihan pada apartemen juga boleh. Permasalahannya yang kemudian menjadi pertimbangan utama adalah biaya dan lokasi.

Penduduk Modern dan Pusat Bisnis

Jakarta adalah kota sibuk yang seakan tak pernah terlelap. Penduduk yang bekerja di kantor lebih sering memilih kembali ke rumah ketika langit sudah gelap, bahkan tak jarang ketika mendekati tengah malam.
Sebagian beralasan untuk menghindari macet yang selalu terjadi di jalan ketika jam pulang kantor, sebagian sisanya memang masih berkutat dengan pekerjaan–entah karena lembur tenggat waktu atau karena memang mencintai pekerjannya. Toh nyatanya, tidak sedikit pula penduduk metropolitan—yang memang telah terbentuk karakternya menjadi manusia modern—yang menjadi penggila kerja alias workaholic.
Tentu saja, bagi individu-individu seperti ini, jarak antara tempat tinggal dan lokasi kerja tidak sebaiknya berjauhan. Meski sekalipun lokasi keduanya berjauhan, masih ada tranportasi publik yang dapat digunakan.
Jika ada hunian yang lebih dekat, mengapa tidak? Sayangnya, tentu saja, memiliki rumah sendiri di pusat bisnis akan terasa berat dari sisi harga. Pilihan yang kemudian masih banyak tersedia adalah indekos atau apartemen.
Individu modern cenderung mementingkan privasi yang tinggi. Setelah lelah seharian bekerja, segera beristirahat adalah keinginan sederhana yang ingin dicapai. Biasanya mereka tidak menginginkan pembicaraan lagi dengan siapa pun—termasuk tetangga. Mereka juga menginginkan kemananan yang tinggi namun tanpa merasa diawasai.

Apartemen Menjadi Opsi yang Strategis

Sudah tidak terhitung lagi jumlah apartemen yang berdiri di tanah ibukota Jakarta. Masing-masingnya seakan berlomba menjulang dan mencakar cakrawala dan melengkapi fasilitasnya sebaik mungkin.
Pihak pengembangpun terus menggarap, lantaran kebutuhan masyarakat akan hunian di lokasi strategis dengan konsep hunian terpadu, masih besar dan menjadi prospek bisnis yang menarik.
Apartemen tidak hanya menyediakan sebuah ruang terbatas yang dapat menjadi pengganti rumah bagi penghuninya, tetapi juga selalu dilengkapi dengan berbagai fasilitas lain seperti gym, kolam renang, mini market, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Kelengkapan seperti inilah yang membuat apartemen banyak diminati.

Variasi Pilihan Apartemen sesuai Anggaran

Meski paradigma masyarakat terhadap penghuni apartemen adalah mereka yang berasal dari kaum elite, nyatanya tidak semua apartemen harus diberandol dengan menguras kantong hingga jebol. Apartemen murah di Jakarta pun cukup banyak tersedia.
Adapun beberapa hal yang biasanya menjadi pembeda harga unit  apartemen, antara lain adalah lokasi dan fasilitasnya. Selain itu, harga apartemen dalam satu bangunan yang sama pun bisa jadi berbeda. Biasanya, semakin tinggi letaknya, harganya akan semakin mahal. Ini dikarenakan pemandangan yang djiual di hunian lebih tinggi lebih luas dan apik dibandingkan yang berada di bawahnya.
Sebagai contoh, beberapa apartemen di bawah ini adalah kawasan apartemen murah di Jakarta yang dapat Anda jadikan referensi.
Kalibata City
Apartemen Kalibata City cukup populer—khususnya di kawasan Jakarta Selatan—lantaran harganya yang relatif murah. Selain karena harganya yang bersahabat, apartemen yang digarap oleh pengembang ternama Agung Podomoro Land ini juga cukup strategis. Lokasinya berada di Jalan Raya Kalibata, dekat dengan Taman Makam Pahlawan.
Sentra Timur Residence
Di kawasan Jakarta Timur, apartemen dengan biaya yang murah bisa Anda dapatkan di Sentra Timur Residence. Mulai tipe studio sampai dua kamar tidur, apartemen yang dikembangkan oleh Bakrieland Development ini bisa diberandol seharga sekitar Rp180.000.000,00. Untuk biaya sewa per bulannya pun juga cenderung sangat murah yakni di bawah Rp5.000.000,00.

Kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen

Bagaimanapun, setiap hal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pun demikian halnya dengan tinggal di apartemen. Tentu ada beberapa hal menyenangkan yang akan susah didapatkan jika menghuni rumah sendiri. Namun beberapa hal lainnya justru bisa jadi membuat Anda merasa sebaliknya.
Kelebihan
—Lebih praktis
Urusan keamanan, kebersihan, air, listrik, dan apapun, Anda tinggal terima beres. Selain itu, apartemen juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dasar lainnya (olahraga, belanja harian, makan, dan lain-lain), sehingga Anda tidak harus jauh-jauh keluar kompleks apartemen untuk pemenuhan kebutuhan tersebut.
—Lokasinya lebih strategis
Kebanyakan, apartemen didirikan di daerah yang cukup dengan dengan pusat keramaian atau pusat bisnis. Pilihlah apartemen yang dekat dengan kantor atau tempat yang sering Anda kunjungi sehingga tidak perlu lagi terjebak macet.
Kekurangan
—Biaya sewa apartemen bisa jadi lebih mahal
Menyewa apartemen bisa saja menjadi lebih mahal dibandingkan biaya sewa indekos atau mengontrak rumah. Tentu hal ini juga tidak terlepas dari fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola.
—Terbatasnya lahan
Anda yang terbiasa hidup di rumah dengan luas, mungkin akan merasa kurang nyaman tinggal di apartemen yang berukuran kecil. Selain itu, tidak balkon yang disediakan kadang tidak cukup lengang. Ditambah lagi apabila Anda gemar berkebun atau memiliki hunian dengan tanaman-tanaman yang terawat, hobi tersebut harus dapat Anda tahan. Pasalnya, sekalipun mendapat izin untukmemiliki tanaman, Anda harus menanamnya di dalam pot.
—Lingkungan individualis
Anda yang lebih suka bersosialisasi, apartemen bisa jadi bukan merupakan pilihan yang ideal untuk tinggal. Orang-orang yang tinggal di apartemen biasanya mereka yang memiliki aktivitas cukup sibuk.
Selain itu, tidak seperti rumah yang tetap bisa membuka pintu namun aman karena adanya pagar, pintu-pintu di apartemen selalu dalam keadaan tertutup.  Kesan inilah yang seakan-akan memberi batas untuk bersosialisasi.

Itulah beberapa hal yang menjadi alasan dan pertimbangan masyarakat dalam memilih apartemen sebagai hunian. Bagaimana dengan Anda?

0 Response to "Memilih Hunian di Apartemen? Pertimbangkan Dulu Hal-hal Ini"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)