Latest News

7 Makanan Sehat Alternatif Pengganti Nasi

jagung, ubi, kacang, padi, nasi, wrp diet


Makanan pengganti nasi saat menjalani program diet saat ini ada banyak sekali, namun tampaknya masih banyak juga orang yang tidak mengetahui jenis makanan pengganti nasi jika sedang diet. Minimnya pengetahuan terkadang membuat kita ragu dalam memilih makanan. Sebelum hal ini terjadi sebaiknya kamu ketahui makanan apa saja yang bisa menjadi pengganti nasi ketika sedang diet, sehingga kita tahu bahwa diet yang sedang kita jalani adalah diet sehat dan tidak menyiksa tubuh.

Sebagai orang Indonesia, kita sangat mengetahui betapa pentingnya nasi untuk kebutuhan konsumsi kita sehari – hari. Hampir tidak bisa dipungkiri bahwa kita tidak bisa lepas dari makanan nasi. Lantas, jika demikian apa ang harus kita lakukan untuk menjalani program diet tanpa nasi? Oh tenang saja, ternyata masih ada menu makanan sehat pengganti nasi yang bisa kamu gunakan sebagai senjata diet kamu loh.

Jagung
Sayuran ini memiliki rasa manis karena frukosa, yakni sejenis gula alami yang terdapat dalam buah,  aman di konsumsi oleh penderita diabetes sekalipun, frukosa biasanya terbuang bersama urin sehingga tidak terserap dan tercerna oleh tubuh. Kadar GI dalam jagung juga dikategorikan rendah karena berkisar 55-60, bukan itu saja pigmen warna jagung juga memiliki khasiat sebagai pelindung paru-paru serta baik untuk kesehatan mata. Jagung cukup baik di konsumsi karena kaya akan kalori juga kaya akan antioksidan, mineral, serat serta sumber vitamin B.

Kentang
Kentang memang sering dijadikan bahan makanan, namun belum terlalu banyak difungsikan sebagai makanan pengganti nasi, jika dibandingkan dengan nasi, kentang memiliki serat yang lebih kecil serta banyak variasi nutrisi, selain itu kentang juga mengandung vitamin c yang cukup baik.

Sukun
Sukun salah satu tanaman yang termasuk dalam jenis buah-buahan dan bisa digunakan sebagai makanan pengganti nasi, hal ini dikarenakan sukun memiliki karbohidrat cukup tinggi, jika dibanding dengan kentang atau ubi jalar, sukun memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, sukun juga mengandung senyawa flavonoid yang baik untuk kesehatan ginjal dan jantung. GI yang ada didalam sukun cukup rendah.

Pasta
Meskipun orang Indonesia belum terlalu familiar dengan makanan ini, namun jangan salah pasta memiliki Indek GI yang hampir sama dengan buah pir, yaitu 4,1. pasta memiliki lemak yang rendah, dan mengandung asam folat yang tinggi, bahkan glukosanya lebih rendah dari roti, jika ingin mengkonsumsinya sebagai pengganti nasi, kombinasikan dengan saus yang sehat dan terjamin kehigenisannya.

Ubi Jalar
Jenis ubi ini memiliki kadar GI yang rendah yakni sekitar 54, sehingga karbohidrat yang terkandung dalam ubi jalar lebih lamban dalam meningkatkan gula darah. Ubi jalar juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi, bahkan pada vitamin C nya dapat memenuhi 61% kebutuhan harian tubuh. Ubi jalar juga ampuh mencegah sembelit serta memiliki serat yang tinggi, untuk itu sangat cocok di jadikan makanan pengganti nasi.

Singkong
Makanan pengganti nasi ini tentu sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, selain dapat menurunkan kadar kolestrol dan trigliseda berkat kandungan serat nya yang tinggi, singkong juga cukup baik sebagai makanan pengganti nasi saat diet, banyak orang menggunakan singkong sebagai menu utama diet sehat alami.

Talas
Sayuran dengan serat yang tinggi yakni sekitar 5,1 gram ini dapat dijadikan pengganti nasi karena memiliki GI yang rendah sekitar 54 serta kaya akan nutrisi. Talas mempunyai karbohidrat yang sangat besar yakni 77,9%. Bahkan protein dalam talas juga sangat tinggi jika dibanding dengan ubi jalar dan singkong, sehingga dapat memenuhi 20,1% kebutuhan serat kita sehari-hari.


Nah beberapa menu di atas merupakan makanan pengganti nasi yang bisa kita konsumsi untuk mendapatkan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh kita saat ini. Meskipun beberapa makanan tersebut mungkin tidak familiar untuk kita, namun nyatanya makanan tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh kita loh. Jadi untuk anda yang menginginkan tubuh sehat dengan program diet yang sudah dirancang, makanan tersebut bisa dijadikan alternatif yang baik. Selamat mencoba.

0 Response to "7 Makanan Sehat Alternatif Pengganti Nasi"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)