Latest News

Mengenal Reksadana Bersama Manulife



Reksadana, apa itu reksadana ? sebenarnya saya yang awam ini tidak terlalu paham apa itu reksadana, sampai akhirnya kemarin Sabtu tannggal 19 November 2016 ada undangan dari Manuliefe untuk blogger sayapun menghadirinya.

Bersama dengan teman-teman dari Blogger Banua dan Pena Blogger Banua kami hadir diacara itu pada jam 12 lewat, beberapa media dan wartawan lokal juga turut diundang untuk berhadir pada hari itu.

sebelum acara ngemil dulu :)

Acara dibuka dengan seorang MC menyapa para hadirin dan memperkenalkan tema acara hari itu, yaitu 3 Langkah Sadar Investasi: Insyaf, Irit dan Invest,. Tapi sebelum masuk ke acara utama kita disuguhkan dengan penampilan dari komika lokal yang saya lupa namanya, yang pasti orangnya tinggi dan berkumis tebal (saya jujur lo).

Setelah komika tampil dengan ribuan bacot yang mengundang tawa para peserta akhirnya suguhan utama dimulai, yaitu pemaparan dari om Putut A, beliau menjelaskan kepada peserta yang hadir apa itu Insyaf, Irit, dan Invest, sehingga nantinya kita mengerti apa manfaat dari berinvestasi melalui reksadana.

INSYAF

Yang dimaksud insyaf disini adalah kita harus mikir kedepannya akan seperti apa keuangan kita, terutama dimasa pensiun nanti, sebab jika sudah pensiun dan tidak bekerja tentunya kita hanya mengandalkan uang pensiun, tapi cukupkah ? sedangkan inflasi akan terus naik, menurut penelitian, inflasi selalu naik 2x lipat setiap 10 tahun, bayangkan 30 tahun kedepan naiknya inflasi jadi sekitar 6x lipat, jadi tentunya berbeda dengan kondisi keuangan sekarang dengan dimasa depan nantinya.

Jadi om Putut menyarankan agar kita mulai memikirkan bagaimana keuangan kita dimasa tua nanti.

IRIT

Disini om Putut A. menyampaikan tentang keinginan dan kebutuhan, jika kita tanya pada diri sendiri, lebih banyak mana antara 'keinginan' dengan 'kebutuhan' ? , , , , ,

Sebagian besar peserta menjawab adalah keinginan, padahal seperti yang kita tahu sebaiknya dahulukan kebutuhan terlebih dahulu, karena itulah kita harus bisa meyesuaikan yang mana keinginan yang mana kebutuhan.

Om Putut lagi diwawancara smartfm bjm,
source : twitter @ManulifeRD
Selain menabung, cara lainnya adalah dengan berinvestasi, tapi bagaimana caranya agar bisa berinvestasi ? apalagi jika kita kurang mengerti, jadi cara agar bisa dan mengerti investasi harus dipelajari dulu, atau trial error, atau cara yang paling mudah adalah menyerahkan investasi kepada orang atau perusahaan yang bisa dipercaya dan sudah berpengalaman.

INVEST

Disarankan oleh om Putut, agar bisa menikmati masa pensiun salah satu caranya adalah berinvestasi, sebenarnya ada banyak cara untuk menyiapkan masa depan contohnya seperti menabung, dll.

Selain menabung cara lainnya adalah dengan investasi. Ada ada beberapa pilihan investasi kata beliau, contohnya seperti deposito, property, rumah, pasar modal, saham dan obligasi. Di manulife sendiri ada reksadana, reksadana bisa dikatakan kumpulan investasi saham, obligasi dan deposito, selain itu minimal investasi di manulife mulai dari 100 ribu.


www.klikmami.com dan www.reksadana-manulife.com

Setelah pemaparan dari Om Putut selanjutnya pengenalan www.klikmami.com, jadi klik mami merupakan sarana online dari manulife agar nasabah bisa lebih mudah mendaftarkan diri ataupun cek investasinya secara online, caranya saya pikir cukup mudah, tinggal sediakan fotocopy ktp dan buku tabungan, selanjutnya isi pendaftaran online langsung di webnya, melalui klikmami.com, selain itu kita juga bisa melakukan berbagai transaksi reksadana manulife kapanpun dan di manapun melalui situs klikmami.com.

Jika di klikmami kalian menggunakannya untuk transaksi dan lain-lain, maka di reksadana-manulife.com adalah situs untuk melihat berbagai perkembangan terbaru, profil perusahaan, penjelasan reksadana, hingga kalkulator investasi.

Acara hari itu juga disiarkan live streaming melalui facebook Manulife, selain itu ada juga tomba tweet dengan hastag #klikMAMI dan #sekarangAJA kalian bisa cek kemeriahan acaranya dengan hastag tersebut di twitter, lomba tweetnya sendiri dimenangkan oleh @ayead, @nukahanif dan @perangkaiabjad,

Tanya Jawab

Sebenarnya tidak semua yang saya ingat, tapi ada 2 pertanyaan menarik yang bisa saya ingat, pertama adalah dari bang arief, 'kenapa harus manulife ? apa kelebihannya manulife dibanding reksadana yang lain '?, kurang lebih seperti itu pertanyaannya.

Om Putut menjelaskan, jika kita ingin berinvestasi melalui reksadana tentunya tidak sembarang perusahaan bisa kita pilih, manulife sendiri sudah berdiri di Indonesia selama 21 tahun, lumayan lama, tapi kalau dari pusatnya sendiri yaitu kanada manulife sudah berumur 125 tahun, dan sampai sekarang masih bertahan,  bisa dibilang manulife sudah punya pengalaman yang banyak sekali dalam hal investasi.

Pertanyaan kedua bisa dibilang edisi gagal fokus namun juga tepat sasaran, datang dari Ayead, pertanyaannya kurang lebih seperti ini, 'kenapa memilih kata klikMAMI ? karena biasanya MAMI kadang bisa dikonotasikan dengan hal-hal negatif' pertanyaan ini langsung disambut tawa para hadirin disana.

Jawabannya simpel saja, MAMI sendiri merupakan singkatan dari Manulife Aset Management Investor.

Acara hari itu ditutup dengan pembagian hadiah untuk pemenang lomba tweet, dan kemudian peserta dipersilahkan menyantap hidangan yang sudah disediakan oleh pihak panitia.

para pemenang lomba twit, dari kanan
@perangkaiabjad, @nukahanif, @ayead

isi goodie bag
Ngomong-ngomong sembari om Putut menjelaskan tentang investasi reksadana, teman saya disamping saling bisik-bisik, investasi itu ya ke BLOG. :D.

0 Response to "Mengenal Reksadana Bersama Manulife"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)