Latest News

Memilih Musik Untuk Menulis Postingan

Akhirnya setelah lama tidak posting, eh, sebenarnya posting kok, posting  job blogpost, tapi maksudnya sudah lama gak nulis, hoho.

Sahabat pasti tahu kan (bukan tempe :p), pola pikir kita sangat dipengaruhi dengan pengetahuan yang kita miliki dan bagaimana kita mengatur emosi kita, contohnya simpelnya, ketika kita marah tentunya beda berpikirnya dengan ketika kita sedang bahagia, ketika kita sedang bahagia beda berpikirnya dengan ketika sedang sedih, dan pola pikir tersebut bisa mempengaruhi tulisan yang kita buat.

Lah, trus apa hubungannya dengan musik ? Musik, seperti kita ketahui juga bisa mempengaruhi perasaan kita, dan perasaan kita otomatis juga mempengaruhi pola pikir yang kita miliki, dan akhirnya juga akan mempengaruhi tulisan yang kita buat.

Trus, musik apa yang sebaiknya kita dengarkan saat menulis postingan ?

Saya sendiri sebenarnya lebih suka musik atau lagu yang tidak ada kalimatnya, atau minimal saya tidak mengerti kalimat yang diucapkan si vokalis, seperti lagunya band Aqua Timez, karena nada-nada lagunya yang semangat (cemungudh bebz) dan selain itu band ini dari jepang jadi otomatis vokalisnya juga berbahasa jepang. Lalu jangan memilih musik/lagu yang kalimatnya bisa kita mengerti, dijamin bisa merusak proses menulis, kalimat yang ingin dikeluarkan malah diganti sama kalimat yang ada di lagu. gitu. ambient (bukan ambien ya, ini sih penyakit)

Lalu jangan memilih musik yang tidak sesuai dengan tema tulisan yang kita buat, contohnya kita ingin membuat tulisan yang bertema semangat, tapi malah dengerin musik yang bikin termehek-mehek, hasilnya nanti malah gak sinkron, dan begitu juga sebaliknya, jadi disesuaikan.

Untuk musik ambient sahabat bisa search di google atau youtube dengan kata kunci ambient music for writing/creativity, banyak sih jenis musik ambient yang disediakan di youtube, anda tinggal download, gak tau cara downloadnya ? baca postingan saya yang ini Cara Mudah dan Simpel Download Video di Youtube dan biasanya untuk musik ambient ini durasi waktunya paling sedikit sekitar 30 menit, paling lama sampai 2 jam, saya yang satu jam kayanya cukup, filenya cuma 200mb an, setara dengan download sekitar 60-70 lagu mp3, hoho.

Tidak suka musik ambient ? berarti pilih musik yang kita sukai, saya sendiri seperti yang saya bilang di atas aqua timez, biasanya lagu aqua timez ini sudah saya set playlist sampai 1 album, album the best, anda sendiri silahkan pilih lagu yang anda sukai.

Walaupun sebenarnya lebih nyaman menulis saat suasana tenang tanpa ada yang mengganggu, menggunakan media musik untuk memacu kreativitas menulis sebenarnya cocok untuk kita yang biasa atau terpaksa menulis di tempat rada ribut atau sebagai mood boster. Jadi pasang headset - tulis - nikmati.

Aqua Timez, Band Keren dari Jepang

2 Responses to "Memilih Musik Untuk Menulis Postingan"

  1. Saya juga klo ngeblog apalagi kalo begadang pake musik. Buar gak ngantuk dan otak fresh

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)