Latest News

Ragam Jenis dan Aturan Mengenakan Spion Motor

spion motorSpion motor memiliki fungsi yang sangat penting saat berkendara. Fungsinya adalah untuk melihat keadaan atau kondisi di belakang pengendara tanpa harus menengok kearah belakang terlebih dahulu. Apabila tidak ada kendaraan atau posisi mobil, motor lain berada jauh di belakang, maka dengan mudah pengemudi dapat mendahului kendaraan di depan, menyeberang, atau berbelok.

Kaca kecil yang biasanya berada di dekat stang motor ini memiliki kegunaan penting untuk menekan jumlah kecelakaan. Hal ini sangat disadari oleh kendaraan bermotor. Banyak variasi dan model serta harga yang ditawarkan untuk berbagai kaca spion. Diantaranya:

  1. Spion standar. Kaca ini merupakan bawaan pabrik saat membeli sepeda motor. Bentuknya biasa dengan kaca lebar. Harganya mulai dari 15 ribu sampai 50 ribu rupiah
  2. Spion retro. Biasanya sepeda motor keluaran lama yang menggunakan kaca ini. Bentuknya bulat dengan diameter kurang lebih 8 centimeter. Jenis spion ini cenderung lebih kecil dibanding spion standar. Dengan kisaran harga 20 sampai 50 ribu rupiah.
  3. Spion jalu. Biasanya digunakan untuk motor hasil modifikasi. Dengan posisi spion yang berada di bawah stang, tidak sejajar seperti posisi spion pada umumnya, membuat pengguna motor terlihat lebih trendi. Harga untuk kacaini sekitar 80 sampai 200 ribu rupiah.
  4. Spionlipat. Modelnya yang bisa dilipat seperti spion mobil dan memiliki berbagai pilihan warna tampak sangatmenawan. Harga spion ini berkisar 50 sampai 300 ribu.
  5. Spiontomok. Sering spion ini digunakan pada motor spot dengan model runcing kecil. Dibandrol dengan harga 300 sampai 400 ribu rupiah, paling mahal dibanding jenis lainnya.

Setiap jenis spion motor memiliki model dan harga yang bervariasi sesuai dengan bahan baku pembuatannya. Akan tetapi kegunaannya tetap sama yaitu untuk melihat kondisi yang ada di belakang pengendara. Jangan sampai model yang beragam ini mengurangi fungsi utama dari spion. Seperti halnya yang telah diatur dalam perundang-undangan tentang lalulintas.

Undang-undanglalulintaspasal 37 berbunyi : kaca spion kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud dalampasal 35 huruf b harus memenuhi persyaratan:

  • Berjumlah 2 (dua) buahataulebih, dan
  • Dibuat dari kaca atau bahan lain yang dipasang pada posisi yang dapat memberikan pandangan kearah samping dan belakang dengan jelas tanpa mengubah jarak dan bentuk obyek yang dilihat.

Besarnyamanfaat yang dimiliki oleh spion membuat produsen semakin kreatif dalam membuat dan memproduksi komponen kendaraan bermotor ini. Dalam artikel ini dituliskan bahwa terdapat 5 jenis dan model spion motor yang biasanya digunakan oleh pengguna sepeda motor. Bisa jadi suatu saat muncul model dan jenis spion lainnya sesuai dengan perkembangan teknologi yang lebihmaju, tentunya tanpa mengabaikan fungsi utama spion bagi kendaraan bermotor.

Baca juga artikel lainnya tentang perawatan motor terbaik di tips perawatan motor

2 Responses to "Ragam Jenis dan Aturan Mengenakan Spion Motor"

  1. Kadang-kadang memang ada spion yang digunakan sebagai pelengkap saja, agar tidak ditilang. Ada aja orang (kalau tidak mau dibilang banyak) yang tidak memanfaatkan spion sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)