Latest News

Netizen Bodoh

Netizen Bodoh, memang agak kasar saya mengatakannya, tapi memang orang bodoh bisa diartikan dengan orang yang tidak mau belajar, karena itu mereka biasanya terjebak dengan pola pikirnya sendiri, tapi bukan berarti saya menganggap diri saya sendiri begitu cerdas sehingga berani menganggap orang lain bodoh, simak dulu tulisan saya dibawah ini.

Jaringan internet sekarang mulai bisa menjangkau hingga ke pelosok, selain itu cara mengaksesnya pun juga semakin mudah. Tapi berkembangnya teknologi ternyata tidak serta merta membawa dampak positif pada penggunanya, atau sering kita sebut dengan netizen.

Sebenarnya, netizen bodoh yang saya maksud bukanlah orang bodoh dalam artian sebenarnya, bisa jadi mereka sebenarnya sangat pandai didunia nyata, tapi kurang mengetahui cara menyerap informasi dari internet.

Netizen bodoh yang saya maksud sering saya temui di facebook, terutama di fanspage portal berita, lucunya, sebagian besar para netizen ini hanya membaca judulnya, tanpa melihat isinya terlebih dahulu. Berapa kali saya melihat yang seperti ini ? setiap hari, karena saya memang mengikuti beberapa situs berita di facebook, jadi setiap hari beberapa kali saya juga melihat komentar-komentar pedas sehubungan dengan judulnya, bukan isinya, ingat bukan isinya, padahal seringkali situs berita menggunakan judul agar pembaca tertarik membaca isinya, tapi rupanya saya lihat di komentar facebook hanya sedikti yang benar-benar membaca isinya, dan lucunya lagi, para pembaca judul ini seringkali lebih sok ide dibanding yang sudah membaca keseluruhan beritanya.

Ada beberapa sebab seseorang bertidak layaknya seperti seorang netizen seperti ini, yang pertama adalah dia gaptek, alias gagap teknologi, dia tidak tahu bahwa untuk membaca keseluruhan beritanya harus mengklik link beritanya dulu, yang kedua adalah dia memakai internet gratisan, alias gratis media sosial, tapi demi eksisnya di medsos dia berani komentar seadanya di bawah link berita tersebut, yang ketiga, dia tidak gaptek, kuota internet pun ada, dia hanya malas membaca, inilah yang agak parah, tipe seperti ini yang lebih sok tau lagi.

Saran saya, jika hanya membaca judul informasi yang didapatkan hanya setengah, jadi bacalah keseluruhan isinya, apalagi jika judulnya kontroversial. Dan sebaiknya jika tidak ingin terlihat bodoh jangan berkomentar jika hanya membaca bagian judul, atau mungkin diam lebih baik. Agar bisa menyerap informasi dari dunia internet dengan lebih cerdas jangan lupa baca juga artikel saya yang ini :

3 Responses to "Netizen Bodoh"

  1. It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

    ReplyDelete
  2. I learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

    ReplyDelete
  3. Very informative, keep posting such good articles, it really helps to know about things.

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)