Latest News

Belajar Menjadi Blogger Sejati di Acara Bapandiran Blog : Personal Blogger vs Marketing Blogger

bapandiran blog badangsanak
Hari minggu tadi tanggal 20 Oktober 2015 di Gerobak Coklat Pena Blogger Banua mengadakan acara Bapandiran Blog : Personal Blog Vs Marketing Blog (bapandiran = berbincang-bincang). Pada hari itu berkumpul para blogger Banjarmasin, dari yang tidak memiliki blog, alias mau belajar ngeblog, newbie, sampai mastah berkumpul pada hari itu.

Yang jadi pemateri pada hari itu ada dua orang, yang pertama dari pihak personal blogger yaitu Adittya Regas, mungkin sebagian personal blogger sudah mengenal kawan kita yang satu ini, dia memiliki blog yang beralamat di www.adittyaregas.com, isinya mengenai curhatan-curhatan galau dan kehidupan sehari-harinya, dan selain itu dia juga sudah menerbitkan buku yang berjudul Derita Anak Magang.

Pemateri kedua dari marketing blogger adalah Arif Fajar Kurniawan, yang satu ini memang terbilang sukses jualan online, produk yang dijualnya berkisar produk-produk dari kalimantan, selain mengelola blog untuk keperluan berjualan, arif juga memiliki blog pribadi yang beralamat di ariffajar.com


Berbagi tidak merugi, mungkin inilah kalimat yang saya rasa cocok untuk para blogger, terutama para personal blogger, banyak manfaat yang ternyata didapatkan adit dari hasil menulis di blog.Adit bercerita pada awalnya ngeblog hanya copas artikel orang lain, dia mulai menulis tentang kehidupan sehari-harinya ketika merasa galau dengan kehidupan asmara cinta monyetnya, dan dari situ ternyata banyak yang menyukai tulisannya, akhirnya sampai sekarang adit menulis cerita kehidupannya

Selain menulis tentang kehidupannya, adit terkadang juga mereview tentang cafe-cafe di Banjarmasin, dan dari cafe yang di review adit sesekali mendapatkan diskon ketika belanja di cafe tersebut, selain itu manfaat lain yang dirasakan adit adalah bisa terbang gratis pada tahun 2012 untuk menghadiri pertemuan Komunitas Blogger Nusantara. Satu saran dari Adittya Regas yang saya ingat, ketika mereview sesuatu, maka katakanlah sejujur-jujurnya, jangan coba-coba melebihkan review kita terhadap suatu produk, sebab takutnya nanti akan mengecewakan pembaca yang sudah terlanjur tertarik dengan produk yang kita review, kata Adittya Regas ini berasal dari pengalamannya di paksa mengatakan hal-hal positif ketika mereview sebuah cafe di Banjarmasin.

Pemateri yang kedua, Arif Fajar, dia bercerita awalnya mencoba berjualan produk asli kalimantan yaitu lampit rotan dengan modal nekat. Ide berjualan di internet dia dapatkan setelah menghadiri seminar mengenai toko online,  dan dari situ arif kemudian membuat toko online pertamanya di blog detik, dan ternyata produknya lumayan laris.

Selain lampit rotan, masih banyak produk asli kalimantan yang dia jual via internet, bahkan beberapa sudah meluncur ke luar negri, contohnya minyak bulus yang mendapat pesanan sampai ke Abu Dhabi (saya sendiri yang asli kalimantan malah tidak tahu apa fungsinya ini minyak). Ada satu pesan yang bisa saya ingat dari arif, "jangan takut untuk memulai sebuah usaha", benar-benar mainstream, tapi ini adalah kata-kata yang banyak diucapkan oleh orang yang sudah mencicipi hasil usahanya sendiri, bahkan yang sudah sukses.

Blogger Sejati, inilah yang bisa saya tangkap dari kedua narasumber ini, bagi saya pribadi, blogger sejati adalah blogger yang sudah memiliki passionnya sendiri dalam ngeblog, entah itu seorang personal blogger, photoblog, fashion blogger, ataupun bloggerpreur. Bagaimana dengan kamu ? apakah sudah memiliki passion dalam ngeblog ?.

foto saya ambil dari website badangsanak.com, website milik Pena Blogger Banua
untuk foto selama kegiatan silahkan cek di fans page badangsanak

3 Responses to "Belajar Menjadi Blogger Sejati di Acara Bapandiran Blog : Personal Blogger vs Marketing Blogger"

  1. Hey keep posting such good and meaningful articles.

    ReplyDelete
  2. kapan yah diadakan kopdar lagi biar ilmu dan wawasan bisa tambah..?

    ReplyDelete
  3. What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)