Latest News

Tentang Copy Paste

copy paste
gambar dari google
  
Apa kalian pernah kesal ketika tulisan kalian di'copas' seenaknya ? bahkan tanpa mencantumkan dimana sumbernya,, saya sendiri pun sebenarnya pernah mengalami hal seperti itu, sebagai penulis di media internet memang yang namanya copas alias copy paste sangat rentan, rasa kesal, bingung, dan perasaan lainnya berkecamuk, atau mungkin malah bangga bercampur kesal karena artikelnya dicopas. Tapi jangan khawatir, ada beberapa trik yang biasa dipakai para blogger agar blognya tidak sembarangan dicopas. Tapi tidak sedikit juga blogger yang mengijinkan artikelnya dicopas dengan tujuan bisa bermanfaat bagi orang lain.

Cara yang pertama adalah dengan menambahkan link otomatis yang muncul ketika artikelnya dicopas (tutorialnya silahkan cari di google ya), jadi ketika kita copy artikel tersebut maka link sumber akan otomatis muncul dibawah artikel tersebut ketika dipaste, sebenarnya ini agak mengesalkan jika artikel atau potongannya kita pakai untuk pembuatan makalah, sebab penulisan ilmiah pasti mencantumkan sumber. Tapi jika kita copy paste artikel tersebut untuk artikel di blog maka sebaiknya memang link sumber dicantumkan, sebab banyak terjadi blog yang copy paste seenak jidat tanpa mencantumkan sumber. setidaknya dengan begini (mencantumkan sumber) kita bisa menghargai karya tulisan milik orang lain.

Cara yang kedua yaitu dengan memasang script anti copy paste, cara ini sering saya lihat di blog yang menyajikan artikel tentang tutorial nge-blog, cara ini memang ampuh jika si pengunjung rada gaptek, tapi tetap tidak akan mempan bagi yang sudah mahir internetan.

Cara yang ketiga adalah dengan mengadukan artikel kita yang dicopas ke google, biasanya disebut dengan Google DMCA. Dengan cara ini biasanya artikel yang kita laporkan tersebut akan kembali ke draft bahkan jika terlalu banyak laporan blog yang bersangkutan akan dihapus (jika blog dari blogspot), atau turun peringkat dihalaman google bahkan bisa jadi hilang di halaman google (jika bukan blog bukan dari blogspot).

Demikian beberapa cara melindungi blog kita dari copy paste, dan jika ingin copas, jangan coba-coba copy artikel dari blog personal, selain bisa dilaporkan ke google dmca biasanya juga jadi bahan bully, sebab blog personal selalu ada temennya, tapi jika sekedar blog berita saya sudah banyak melihat namun sumber tetap harus dicantumkan, dan bisa jadi masih banyak cara lainnya untuk melindungi blog kita dari yang namanya copy paste, cara diatas adalah cara yang saya ketahui dan banyak dipakai.

3 Responses to "Tentang Copy Paste"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)