Latest News

Pilihan Hidup Di Tangan Kita Sendiri



"Bukannya kawan atau musuh yang menjerumuskan ke dalam kejahatan, melainkan pikiran sendiri itulah yang membawa seseorang kejalan kejahatan"

Kata-kata diatas saya kutip dari perkataan budha gautama, menarik sekali menurut saya kalimat ini jika kita hubungkan dengan fenomena sosial belakangan ini. Pada dasarnya manusia memang memiliki kehendak bebas untuk memilih jalan hidup seperti apa yang dia inginkan, namun terkadang saat kita mengalami hal-hal buruk kita sering menyalahkan takdir. Tidak dapat dipungkiri lingkungan juga sangat mempengaruhi dalam tingkah laku.
Banyak orang yang perilakunya menjadi jahat dikarenakan memang sejak kecil sudah bergaul dengan lingkungan yang kurang baik, tapi tidak sedikit juga perilakunya baik walaupun hidup dilingkungan yang sama kurang baiknya.

Sejak kecil saya diajarkan agar memilih dalam pergaulan, sering saya mendengar ungkapan ini, berteman dengan orang yang jualan kambing akan bau kambing, berteman dengan orang yang jualan parfum akan berbau harum juga, maksudnya perilaku orang dipengaruhi oleh bagaimana lingkungannya.

Tapi saat saya memasuki masa perkuliahan, saya mendengar ungkapan yang agak berbeda, air dilaut asin tapi ikannya tidak asin. Tentunya ini bertentangan dengan kalimat diatas. 

Menurut saya pribadi, kedua ungkapan ini tidak salah, perilaku dasar seorang manusia sebenarnya sangat dipengaruhi oleh keluarganya sendiri, atau mungkin jika ada orang yang lebih dekat dari keluarganya sendiri maka itu yang akan mempengaruhinya. Bisa saja seorang anak berasal dari keluarga baik-baik namun tingkah lakunya kurang baik disebabkan pergaulannya, kemungkinan ini dikarenakan dia sendiri kurang dekat dengan keluarganya. Jadi ketika seseorang memang sangat dipengaruhi arah condong pergaulannya sejak dari kecil

Namun setelah dewasa, setelah tahu mana yang baik dan tidak baik, manusianya itu sendiri yang memilih menjadi orang yang seperti apa. Inilah yang dimaksud oleh Budha Gautama diatas, semua kembali kepada gaya berpikir kita yang paling dasar dipengaruhi oleh lingkungan yang bagaimana, kemudian kita sendiri yang memilihnya.

gambar dari google image

0 Response to "Pilihan Hidup Di Tangan Kita Sendiri"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)