Latest News

Mengingat Masa Awal Ngeblog

Awal Perkenalan

Dulu, pada tahun 2008 saya mulai memasuki awal kuliah di IAIN Antasari Banjarmasin, pada waktu itu  beberapa MaBa yang terpilih diwajibkan tinggal di asrama untuk mendapatkan beberapa tambahan pelajaran (bahkan hingga sekarang masih berlaku), dan di asrama inilah saya pertama kali mengetahui yang namanya blog melalui teman saya semasa SMA sekaligus teman sekamar saya Ayead.

Pada waktu itu ayead sering memamerkan blog buatannya di handphonenya yang sudah bisa untuk internetan, saya yang hanya punya hp jadul + jarang online cuma bisa melongo,walaupun diakui ayead jika blog pertama buatannya itu hasil copas dan bahkan postingannya sendiri dia sendiri yang mengomentari :D, ayead anak yang sering bolos pada jam pelajaran komputer bahkan gaptek rupanya sudah punya blog yang saya sendiri tidak mengerti dan untuk apa itu blog.

Melihat dari kegemaran ayead di blog dan seringnya saya membaca informasi-informasi melalui blog orang lain di internet, akhirnya saya tertarik untuk membuat blog sendiri dengan niat berbagi informasi dan membeli buku cara membuat blog di blogspot, (pada waktu itu ayead sudah menulis sendiri, dan blognya sudah bukan hasil copas). dari buku ini yang entah siapa pengarangnya dan entah kemana sekarang buku tersebut, saya mempelajari bagaimana cara membuat blog.

Berbekal sisa-sisa uang kuliah saya menyewa box di warnet bahkan terkadang hingga berjam-jam perharinya untuk membuat sebuah blog, dan nama blog tersebut adalah SIMPEL dengan domain mrsimpel.blogspot.com, tepat pada semester 2 atau 3 saya sudah memiliki laptop yang dibelikan oleh orang tua saya, dari laptop inilah akhirnya blog mrsimpel sedikit berkembang dan berubah judul menjadi Simpel Blogger (inilah awal mula saya mulai mengurus blog saya).

Konten pada awal ngeblog layaknya konten blogger pemula pada umumnya, copas, tapi kemudian seiring saya belajar sedikit on page seo, saya kemudian belajar rewrite konten dengan gaya bahasa saya sendiri, dan kemudian karena teracuni oleh para blogger-blogger penulis di dunia maya sayapun ikut menulis walaupun dengan gaya bahasa saya yang tidak jelas, dan sekalian juga melatih kemampuan mengetik sepuluh jari :).

Grup Facebook Blogger Yang Diikuti

Ada beberapa grup blogger yang berkesan untuk saya pada waktu itu, yang pertama adalah Blogger Banua, komunitas yang satu ini adalah hasil iseng-iseng Ayead membuat grup blogger di facebook yang akhirnya menjadi komunitas dengan ketua yang paling awal adalah Ayead sendiri. Dan pada tahun 2012 (jika tidak salah) saya terpilih menjadi ketua pelaksana acara tahunan Id Blog Network yaitu Blogilicious yang akhirnya berhasil meracuni urang banjar untuk ngeblog. Selain itu dengan kawan-kawan blogger banua juga saya berangkat ke acara Komunitas Blogger Nusantara, simak perjalanan saya di acara blogger nusantara pada postingan ini





Grup facebook yang kedua adalah Blogwalking 20, ini adalah grup yang menganjurkan anggotanya saling blogwalking ke 20 blog setiap harinya, dari sini juga alexa blog Simpel Blogger (saya suka mengejar alexa waktu itu)  menurun drastis.

Grup facebook yang ketiga adalah DBP alias Diskusi Blogger Pemula, di grup ini setiap harinya selalu ada pembahasan mengenai blog, dari yang mastah sampai yang baru selalu diterima disini, dan pada hari minggu, notif facebook pasti sangat banyak, karena hari minggu adalah hari satu-satunya di perbolehkan post link blog di grup ini. Peraturan di grup ini memang agak sedikit ketat, namun dari situ para anggota juga merasa nyaman berdiskusi di grup Diskusi Blogger Pemula.

Ekstasi Ngeblog

Pada waktu ada yang namanya tukar link atau link exchange, jadi antar sesama blogger bisa saling bertukar link, biasanya berupa gambar/logo blog yang linknya di tautkan ke blog kita, atau hanya sekedar anchor text, sekarang sudah agak jarang dikarenakan update mbah google katanya sangat kejam.

Ngedit template menjadi hal candu bagi blogger-blogger pemula seperti saya pada waktu itu, saya selalu mengutamakan interface pengunjung agar merasa nyaman membaca di blog saya karena saya juga senang membaca makanya kenyamanan pengunjung sebagai salah satu fokus saya.  Selain memperhatikan interface, saya juga selalu mengedit bagian dalam template agar lebih seo (entah kemana semua ilmu itu sekarang :D).

Saling tukar review juga menjadi trend blogger pada jaman itu, biasanya ada beberapa blogger yang mereview blog temannya, dan selain itu ada juga yang saling tukar review di website alexa agar rank blognya lebih cepat ramping.

Prestasi Yang Pernah Di Raih.

Satu-satunya prestasi yang pernah saya raih adalah juara pertama di lomba blog tingkat Institut IAIN Antasari Banjarmasin. Award blog ? saya pernah mendapatkannya dari beberapa teman blogger hanya saja tidak saya pajang di blog seperti teman-teman blogger lainnya, alias hanya saya simpan di file laptop saya yang akhirnya sekarang sudah tidak bernyawa lagi.

Saya mulai benar-benar vakum ngeblog sampai beberapa tahun setelah saya disibukkan dengan organisasi dan tugas dari kampus, lihat About.

Itulah sekilas hal-hal berkesan yang saya alami selama awal ngeblog. Yang pasti sekarang Simpel Blogger sudah berevolusi menjadi Catatan Simpel dengan konsep baru berbarengan dengan tewasnya laptop saya yang lama sambil membawa file ngeblog saya yang lama.

1 Response to "Mengingat Masa Awal Ngeblog"

  1. http://nomorefakereviews.ning.com/articles/nathan-shepard-s-survive-the-end-days-book-review

    Are you prepared for the end of the world? How about just an average garden variety disaster? You need to have a survival kit prepared just in case. This article will pump you up and show you how easy it is to put together an emergency kit so you can sleep better at night.

    Survive The End Days Review

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)