Latest News

Cara Simpel Menghadapi Komentar Negatif Di Media Internet


komentar negatif media sosial

Selamat siang sahabat Catatan Simpel, setiap hari di internet pasti selalu ada akun baru yang terdaftar di media sosial, entah itu di facebook, twitter, tumblr, blogger, dan lain-lain. Setiap hari, netizen baru selalu bermunculan dari  yang berwatak baik, bijak, sampai yang senang mengumpat.

Jika anda sering menggunakan media sosial mungkin pernah mendapatkan komentar kurang menyenangkan dari netizen lainnya, sampai ada istilah baru di medsos (media sosial) "kita yang mengerjakan, Tuhan yang menentukan, orang lain yang mengomentari". Sebenarnya jika tidak ingin mendapatkan komentar negatif kita tinggal menggunakan etika layaknya kita sedang berada di dunia nyata, bagi belum membaca postingan saya mengenai etika medsos silahkan baca postingan saya mengenai etika facebook.
Tapi bagi sebagian orang, terkadang harus menyebarkan hal yang benar walaupun itu pahit, atau mungkin karena wataknya yang seperti itu sehingga postingannya di media sosial ataupun di blog harus siap menerima resiko dikritik sampai dihina, dibawah ini saya bagikan tips menghadapi komentar negatif di media sosial.

1. Jangan Terbawa Emosi

Terkadang tujuan si komentator hanya untuk memancing emosi kita, sehingga balasan selanjutnya hanya akan merendahkan diri kita sendiri, jadi sebelum membalas komentar negatif yang memancing emosi kita, tenangkan dulu diri kita agar bisa berpikir lebih jernih.

2. Pikirkan Maksud Komentarnya

Lihat lagi kata-kata yang dituliskan si komentator, apakah itu sekedar untuk memancing emosi kita, atau benar-benar berupa kritik, bila ternyata hanya untuk memancing emosi sebaikanya abaikan saja dan jika kita hanya langsung jawab tanpa memikirkan maksud komentarnya ditakutkan kita malah terbawa permainan yang ujung-ujungnya menjadi debat kusir.

3. Cek Tulisan Kita

Cek tulisan yang sudah kita buat, bagian mana yang sudah menyinggung pembaca, bisa jadi terkadang kita hanya melihat dari satu sudut pandang dan si komentator melihat dari sudut pandang yang berbeda. Jika seperti ini mungkin kita harus berterima kasih karena sudah diberikan kritik membangun.

4. Jawab Dengan Kalimat Yang Membingungkan

Maksud saya disini adalah jawab dengan kalimat yang ambigu, sehingga membingungkan si pengomentar, selain itu menjawab dengan kalimat humor dan santai adalah pilihan yang juga bagus.

 gambar dari google image

0 Response to "Cara Simpel Menghadapi Komentar Negatif Di Media Internet"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)