Latest News

Belajar Dari Sherlock Holmes

sherlock holmes catatan simpel
Sebelumnya jangan terkejut jika ternyata tulisan dibawah ini bukan mengenai bagaimana menjadi detektif layaknya Sherlock Holmes, tulisan dibawah ini hanya hasil perenungan saya mengenai salah satu kalimat yang diucapkannya.

Sherlock Holmes, siapa yang tidak kenal dengan detektif yang satu ini, tokoh fiksi karangan Sir Arthur Conan Doyle ini begitu terkenal dengan keahlian deduksinya, ketika membaca salah satu postingan sahabat facebook tentang sherlock, saya jadi teringat salah satu kalimatnya "Semua orang melihat, tapi tidak memperhatikan.". Ini adalah kalimat yang diucapkan saat sahabatnya watson menuduh sherlock memata-matainya, sherlock dengan keahliannya deduksinya selalu bisa mengungkapkan hal-hal yang tidak bisa dilihat olah mata orang lain, dia mencontohkan dengan tangga yang sering mereka naiki di rumah mereka, jika orang lain sekedar menaiki tangga tersebut, sherlock justru juga menghitung jumlah anak tangga tersebut, ini yang dia sebut dengan memperhatikan.

Belajar dari kalimat sherlock diatas, sebenarnya bisa kita pandang lebih luas lagi, bukan hanya sekedar melihat kemudian memperhatikan, tapi juga mendengar kemudian menyimak, atau merasa tapi tidak menghayati. contoh mendengar tapi tidak menyimak, anda pasti pernah berbincang dengan seseorang, nah, jika kita mendengar, maka kita mungkin hanya mendengarnya, tapi jika orang yang benar-benar menyimak bukan hanya sekedar mengerti dia mungkin mencoba  menangkap gelagat lain dari lawan bicaranya, misalnya dia mencoba menangkap apakah lawan bicaranya bicara benar atau bohong. Contoh lainnya adalah musik, jika orang biasa hanya akan mendengar dan menikmati musiknya, berbeda dengan musisi, dia akan menyimak bagaimana permainan gitar, bass, kualitas aransemen dan lainnya.

Bahkan jika kita pikirkan lebih luas lagi akan masuk pada pengalaman, pepatah mengatakan "pengalaman adalah guru berharga", bagaimana jika saya katakan begini, "pengalaman memang guru berharga jika orang tersebut mau belajar dari pengalaman tersebut", sebab begitu banyaknya orang yang sudah berumur atau berkali-kali mengalami hal yang sama namun tidak bisa mengambil pelajaran dari pengalaman, hal ini juga senada dengan apa yang dikatakan Goethe "Orang yang tidak mengambil pelajaran dari masa 3 ribu tahun, hidup tanpa memanfaatkan akalnya"

Dari buku "Tuhan, maaf saya sedang sibuk" dikatakan disana kelima indera kita adalah sumber untuk menyerap ilmu pengetahuan, saya sebut kelima bukan keenam karena kita berbicara di ranah orang biasa. Dan dengan kelima indera tersebutlah ilmu pengetahuan sampai saat ini terus berkembang. Jadi bersyukurlah jika kita masih memiliki kelima indera tersebut, dan saya harap kita jangan sampai menjadi seperti kalimat dibawah ini

"melihat tapi tidak memperhatikan"
"mendengar tapi tidak menyimak"
"merasa tapi tidak menghayati"
"berpengalaman tapi tidak mempelajari"

gambar diambil dari google

0 Response to "Belajar Dari Sherlock Holmes"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)