Latest News

Beberapa Hal Mengenai Kopi


 

Kopi, siapa yang tidak kenal dengan minuman satu ini,  Indonesia sendiri terkenal sebagai produksi kopi luwak, selain kopi luwakpun banyak juga jenis kopi lainnya yang terdapat di Indonesia. Minuman ini terkenal dengan manfaatnya yang mampu mencegah rasa kantuk, kafein yang terdapat di dalam kopi mampu membuat detak jantung dalam darah meningkat, makanya kopi dapat menimbulkan efek bersemangat dan segar.

Namun tentunya setiap apa yang kita makan dan kita minum tetap ada batasannya, sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik untuk tubuh kita, begitu juga dengan kopi. Seperti kita ketahui kopi dapat membuat kita lebih rileks karena bisa melepaskan hormon stress dalam darah, namun jika berlebihan, akan mengakibatkan tubuh terus terjaga, mungkin pernah ada yang mengalami tidak bisa tidur pada malam hari karena mengkonsumsi kopi secara berlebihan, atau karena waktu meminumnya yang kurang tepat.

Waktu yang tepat minum kopi

Menurut yang saya baca pada tulisan Ryoko Iwata berdasarkan hasil penelitian Steven Miller, kandidat Ph.D di Uniformed Services University of The Health Science, tubuh manusia memiliki hormon kortisol, hormon kortisol ini berfungsi layaknya kafein, hanya saja hormon ini berfungsi secara alami di dalam tubuh. Ada waktu-waktu tertentu hormon kortisol bekerja dengan aktif, yaitu sekitar jam 8-9 pagi, jam 12-1 siang, dan pada jam 5.30-6.30 sore. Jika kita meminum kopi pada waktu tersebut ditakutkan irama biologis tubuh kita akan berubah, dan kafein pada kopi juga tidak akan berfungsi karena 'kafein alami' alias kortisol juga sedang aktif.  makanya beliau menyarankan meminum kopi sebaiknya diantara jeda jam aktif hormon kortisol, yaitu sekitar jam 9.30-11.30 pagi, dan jam 1-5 siang. Untuk kadar takaran, sebaiknya meminum jangan sampai melebihi dari 3 gelas perharinya.

Bahaya dan Manfaat Kopi

Ada beberapa orang yang sebaiknya menghindari kopi, salah satunya adalah penderita jantung dan ibu hamil. Meminum kopi seperti yang kita tahu dapat membuat jantung lebih berdebar (efek dari kafein) karena itulah untuk penderita jantung jangan terlalu berlebihan meminum kopi, begitu juga dengan ibu hamil, jantung yang terlalu berdebar bisa mempengaruhi janin dan menyebabkan keguguran. Selain itu meminum kopi juga dapat menyebabkan berkurangnya mineral dalam tubuh,karena ginjal akan bekerja ekstra, makanya jangan heran jika ada orang yang sering kencing setelah minum kopi. Selain itu kopi juga dapat menyebabkan insomnia jika diminum pada waktu yang kurang tepat.

Selein efek negatif kopi, manfaatnya pun juga banyak, diantaranya memberi energi dan membantu berpikir, menurunkan diabetes tipe II, membantu membakar lemak, dan lain-lain.

Ada satu video kumpulan life hack yang saya lihat di channel youtube salah satunya adalah cara meminum kopi agar kafein bisa bekerja lebih baik, caranya adalah minum satu gelas kopi, kemudian langsung tidur, saat terbangun, kafein akan bekerja, beberapa artikel di internet juga menuliskan demikian, hanya saja saya sendiri belum pernah mencobanya.

Terlepas dari efek negatifnya, efek negatif kopi hanya terjadi jika meminumnya secara berlebihan, dan meminumnya pada waktu yang kurang tepat (awas insomnia).

sumber :
ringkasan berbagai artikel di internet
foto dari google

0 Response to "Beberapa Hal Mengenai Kopi"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)