Latest News

Waspada Dalam Memilih Informasi


Perkembangan dunia teknologi memang tidak bisa dipungkiri, sebagian beranggapan bahwa perkembangan ini bisa membawa pada dampak negatif jika tidak diiringi dengan proteksi diri dari informasi-informasi yang sangat cepat berkembang, seperti yang terjadi akhir-akhir ini.

Sarana media sosial di facebook, twitter, youtube dan lainnya sangat berpotensi menimbulkan fitnah dan kekacauan, karena itulah sebagai pengguna pengguna internet yang cerdas atau belajar untuk menjadi cerdas kita sebaiknya pintar memilah informasi apa saja yang sebaiknya diambil.

Ada beberapa cara untuk orang awam terutama saya sendiri agar informasi yang kita dapatkan dari internet tidak menjadi fitnah atau paling tidak membodohi diri sendiri sebelum akhirnya tersebar di media sosial

1. Bukti

 Lihat, apakah informasi yang kita lihat/baca/dengar memiliki bukti yang akurat dan nyata ? jika sekedar opini tanpa bukti sebaiknya dipertimbangkan dulu

2. Sumber

Perhatikan juga sumber beritanya, dari situs apa atau dari siapa ? biasanya beberapa media sekarang saya lihat saling serang, saling memihak satu sama lain, karena itu jika ingin mengetahui duduk suatu permasalahan jangan lihat dari satu sisi, lihat juga dari media lawannya, ini mungkin akan membuat kita lebih lama memilih dan memilah informasi yang benar, tapi paling tidak penilaian kita bisa lebih objektif.

3. Provokatif ?

Sebuah informasi yang berasal dari media berita harusnya bersifat netral, artinya tidak ada yang ditambahkan ataupun dikurangi, beda halnya jika media sudah saling serang atau memihak salah satu maka biasanya ada bagian-bagian berita yang dikurangi atau ditambahkan, makanya agar mendapatkan informasi yang lebih netral seperti yang saya katakan diatas terkadang kita harus repot sedikit mencari informasi dari berbagai sisi.

Saya yakin masih banyak cara lainnya, tapi 3 cara diatas adalah yang sering saya praktekkan. Dan alangkah lebih baiknya jika kita bertemu berita atau informasi yang memicu provokasi sebaiknya diam, dari pada koar-koar tak jelas di media sosial yang niatnya ingin menyebarkan informasi malah berujung jadi bodoh berjamaah.


Fitnah akan merusak 3 jenis manusia,
Yaitu yang mengucapkan, yang mendengarkan dan yang difitnah

0 Response to "Waspada Dalam Memilih Informasi"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)