Latest News

AudioBook Solusi Membaca Buku dengan Mendengarkan

Jaman sekarang, saking sibuknya terkadang hanya untuk membaca buku terkadang tidak ada waktu, padahal seperti yang pepatah bilang, buku adalah jendela dunia, maka tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk membaca buku. 

Kultur orang Indonesia yang 'malas' membaca buku sepertinya akan cocok dengan audiobook, saya bilang kultur, karena sangat berbeda dengan yang saya dengar diluar negri, dimana disela-sela menunggu antrian ataupun hal lain biasanya dimanfaatkan untuk membaca buku.

 Audiobook, sesuai dengan namanya, audiobook merupakan buku yang disajikan dengan suara, audiobook merupakan solusi yang sangat tepat untuk orang yang kelewat sibuk sehingga tak sempat untuk membaca buku, atau untuk orang yang malas membaca buku tapi lebih suka mendengarkan.

Ide audiobook pertama kali muncul pada tahun 1931, awalnya hanya diperuntukkan untuk tuna netra, tapi mengikuti perkembangan, penggunaan audiobook sekarang tidak hanya digunakan oleh tuna netra. 

Audiobook ada 2 jenis :
  1. Pembacaan buku secara lengkap
  2. Pembacaan buku tidak lengkap atau dirangkum
Jika dibagi berdasarkan teknik pembacaan, audibook dibagi menjadi 4
  1. Pembacaan oleh 1 orang
  2. Pembacaan oleh beberapa orang
  3. Pembacaan oleh banyak orang (entah apa bedanya dengan yang no.2)
  4. Audio drama, bacanya dengan sandiwaranya gitu
Di Indonesia sendiri audiobook yang audiodrama sempat populer pada saat jamannya radio, tapi kemudian tenggelam digantikan oleh televisi.

Ada 3 website yang khusus menyediakan audiobook versi indonesia, saya sebut versi indonesia karena untuk versi bahasa asing sudah sangat banyak. antara lain :

Walaupun audiobook masih sangat minim di Indonesia tapi semoga semakin banyak audiobook 'siap saji' di negara kita, karena dengan adanya audiobook sebagai alternatif membaca buku, kita bisa menambah pengetahuan disela kegiatan.

5 Responses to "AudioBook Solusi Membaca Buku dengan Mendengarkan"

  1. Wah, Audio book ini memang sangat fun banget :D

    ReplyDelete
  2. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  3. mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    ReplyDelete
  4. terimakasih mas buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)