Latest News

Perhatikanlah Sahabat Anda !



Siapa diantarak kita yang bisa hidup tanpa teman ? apa yang bisa kita banggakan dari kehidupan ini, ketika kehilangan teman berbagi rasa; selalu berbagi dalam kebahagiaan, memberi dan menerima, berbagi keluh dan kesah dalam kehidupan ?

Para filsuf, dengan terperinci, memberikan kriteria-kriteria orang yang layak dijadikan sebagai sahabat. Yaitu, sifat-sifat yang patut dimiliki oleh seseorang, sebelum kita menjadikannya sahabat dan berbagi dengannya dalam berbagai hal,

Namun saya lebih senang memberikan peringatan kepada anda tentang satu tipe sahabat dari beberapa kriteria yang ada. Ada tipe sahabat yang akan membuat anda jatuh dan tak akan bisa bangun selama-lamanya, hanyut dalam kehibupannya, dan mewarnai kehidupan kita dengan begitu pekatnya.


Barangkali ada seorang sahabat yang sanggup untuk membuat hari-hari yang bersih segar menjadi sedemikian keruhnya. Membuat dada tiba-tiba sesak dan penat dengan keluhan-keluhannya yang dahsyat, dan menciptakan semacam rasa putus asa di dalam diri anda dengan cara yang sangat mencengangkan.

Sahabat yang seperti ini dapat anda kenali dengan berbagai watak yang dia miliki. Secara umum, orang itu sangat membenci orang lain. Barangkali, dia memang seorang yang berhasil dalam kerjanya atau mungkin dalam bidang lainnya, namun kitapun tahu bahwa dia adalah orang yang gagal dalam pergaulan sosialnya. Anda tak akan mendapatkan manfaat darinya, kecuali hanya mengetahui cara untuk terus membenci orang lain, berburuk sangka terhadapnya, dan merancang sebuah kejahatan terhadap orang lain. Di samping itu, dia akan memutarbalikkan norma dan mengingkari kebaikan-kebaikan orang lain.

Setiap kita mengatakan kepada orang-orang yang pesimis bahwa akan terjadi sesuatu yang mengagumkan terhadap diri kita, maka setiap kali itu pula kecenderungan sikap optimis dalam diri kita tiba-tiba lenyap dan berganti dengan perasaan pesimis yang tersebar dengan cepatnya. Tak sedikit pun semangat untuk sekadar memikirkan, merencanakan, atau bahkan menciptakan sesuatu yang baru.

Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari tipe sahabat yang seperti itu. Carilah seorang sahabat yang mampu membuat hidup anda terasa indah, yang selalu memancarkan kebajikan, dan mampu membuat anda menjadi orang yang berperilaku baik lagi dermawan.

Carilah seorang teman yang wataknya cocok dengan apa yang digambarkan oleh seorang penulis kondang amerika, Emerson, dia berkata, "Aku akan selalu mendengarkan senandung untuk sahabatku yang selalu  menimbulkan semangat dalam diriku, menciptakan rasa optimis dalam hidupku, dan selalu mendukungku untuk melakukan hal-hal yang dapat aku perbuat. Aku tak menginginkan seorang teman yang memperlemah semangatku,  dengan membuat mentalku terpuruk dan putus asa terhadap segala sesuatu, yang seharusnya bisa aku lakukan ketika semangat hidup menyala di dalam jiwaku".

Konon, Julius Caesar tak akan menerima orang-orang yang ingin menghadap kepadanya, kecuali orang yang mempunyai wajah cerah dan selalu tertawa. Alasannya sederhana, dia sadar bahwa bersikap berfoya-foya adalah musuh. Begitu juga dengan selalu bersedih hati.

Oleh karena itu, perhatikanlah siapa yang akan menjadi sahabat anda, jangan biarkan anda terjatuh dalam dunia orang yang penuh keputusasaan dan berperangai buruk.Karena jika demikian,Anda akan menjadi orang yang hidup dalam kesulitan yang pekat dan membuat anda tak bisa menikmati keindahan dunia dan pesonanya

quote : "Hindarilah orang-orang yang membuat semangat anda menciut, karena orang besar adalah mereka yang membuat anda mampu mewujudkan apa yang menjadi cita-cita anda" (Mark Twain)

disadur dari buku Ide Kecil Untuk Perubahan besar karya Karim Asy-Syadzily
gambar dari google

1 Response to "Perhatikanlah Sahabat Anda !"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)