Latest News

Jangan Bawa Kantong Kentang


kentang, potato, pocket, kantong

Pada suatu hari seorang guru memberikan tugas kepada setiap orang muridnya untuk membawa satu kantong plastik yang bersih. Setelah mereka menjalankan tugasnya, sang guru memerintahkan kepada mereka agar meletakkan kentang ke dalam kantong plastik tersebut

Para siswa melakukan apa yang telah diperintahkan guru mereka. Tatkala sang guru memerintahkan untuk membawany dan berpesan agar jangan sampai mereka meninggalkan kantong tersebut, maka mereka melakukannya, baik dirumah ataupun di luar rumah.

Akhirnya, kantong plastik tersebut selalu bersama mereka, di dalam kamar tidur, mobil, pasar, dan tempat olahraga,

Betapa sengsara orang yang membawa kantong plastik yang berisi buah kentang ini. Hati mereka penat dan gondok disebabkan buah kentang. Mereka merasa lelah membawa kantong plastik yang berisi kentang itu, pun nafas mereka sesak karena bau yang ditimbulkannya.


Kepenatan menyelimuti orang yang membawa kantong plastik ini di sepanjang hari. Kentang itu telah menjadi sesuatu yang berat bagi mereka. Mereka selalu memerhatikan buah kentang itu, karena khawatir jika melupakannya. Bersamaan dengan berlalulnya watu, kentang itu membusuk dan menaburkan aroma yan g kurang sedap. Tentu, orang yang membawanya merasa tidak nyaman.

Selang waktu kemudian, mereka memutuskan untuk tidak membawa kantong plastik tersebut. Mereka membuangnya ke kantong sampah.

Apa yang bisa kita ambil dari cerita di atas ?

Kantong kentang beserta isinya bisa kita ibaratkan sebagai kenangan yang buruk, semakin kita memendam atau mengingat kenangan tersebut kita hanya akan membabani pikiran dan rohani kita, mengubur kenangan yang buruk adalah langkah utama yang akan menghantarkan kita ke ranah kehidupan yang bahagia.

Buanglah jauh-jauh hal-hal yang yang menyumbat ketenangan pikiran anda, lupakanlah masa lalu yang pahit, dan enyahkan bayang-bayang kegagalan dari perasaan anda.

Pelajarilah kemahiran untuk melupakan, cucilah file-file akal anda secara kontinu dan jangan sisakan hal yang bisa membebani anda di dalamnya, kecuali kenangan-kenangan yang indah. Adapun kenangan yang sedih, buanglah ketempat sampah.

Jadi bersyukurlah bagi anda yang gampang lupa, lupa dengan kenangan pahit.

quote : "Aku ingin sekali melupakan, akan tetapi dimanakah orang yang menjual lupa ?!" (Zaqi Mubarak)

disadur dari buku Ide Kecil Untuk Perubahan besar karya Karim Asy-Syadzily
ilustrasi dari google

1 Response to "Jangan Bawa Kantong Kentang"

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)