Latest News

Cerita Dari Tapal Batas : Sisi Lain Indonesia Yang Kurang di Perhatikan

Sudah lama gak posting, tapi mumpung mood lagi jalan aku mau share mengenai film dokumenter yang berjudul Cerita Dari Tapal Batas, sebenarnya film dokumenter ini sudah lama ditayangkan, tapi entah kenapa beritanya tidak terlalu luas, atau mungkin aku yang kurang memperhatikan berita.

Film ini bercerita tentang kehidupan masyarakat di daerah perbatasan antara indonesia dan malaysia, masyarakat disana terlihat banyak kekurangan, entah mungkin karena letak mereka yang jauh dari akses pemerintahan dan pembangunan sehingga  jadi kurang diperhatikan, dimulai dari masalah pendidikan, pendidikan disana yang aku lihat dari film dokumenter tersebut terlihat kekurangan guru sebenarnya bukan terlihat kekurangan sih, tapi memang kekurangan guru, soalnya hanya ada satu guru yang mengajar disana, yup, satu guru untuk satu sekolah, jadi beliau bertindak sebagai guru sekaligus kepala sekolah, memang ada guru honor yang juga ikut mengajar, tapi itupun bergantian, karena guru yang menjadi kepala sekolahnya juga harus pulang, selain itu masih ada segudang masalah yang melingkupi pendidikan diwilayah perbatasan tersebut.

Lain lagi dengan masalah kesehatan, lagi-lagi juga hanya ada satu medis yang bertugas disitu, tidak seperti dikota yang sering meminta bayaran ini itu, medis disana mengaku hanya bekerja dengan keikhlasan, ikhlas tanpa pamrih hanya untuk menolong, katanya beliau senang melakukan pekerjaan tersebut.

Sebagian besar masyarakat disana setelah lulus sd langsung mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikannya di negeri sebelah yaitu di malaysia, bukan di indonesia, jangan tanya mata uang apa yang mereka pakai disana, sebab mereka tidak mengenal rupiah, mereka disana hanya mengenal mata uang malaysia, saking parahnya keadaan pembangunan disana, bahkan sebagian masyarakat indonesia disana mengaku tidak tahu atau tidak mengenal dengan bendera merah putih.

Karena film dokumenter ini dibuat sekitar satu sampai dua tahun yang lalu, mungkin sudah ada kemajuan di daerah tersebut

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat melalui link dibawah ini yang kebetulan saya temukan di youtube:

trailer :

http://www.youtube.com/watch?v=kf6TebfLuGg

full :

http://www.youtube.com/watch?v=iy4BA4bjL64



Satu lagi, film dokumenter ini juga ada drama filmnya dengan judul 'Tanah Surga Katanya', film ini disutradarai oleh Herwin Novianto, dan dibintangi oleh Osa Aji Santoso, Fuad Idris, Ringgo Agus Rahman, dan lain lain. Film Tanah Surga Katanya juga pernah muncul di Kick Andy, selain itu film ini juga berhasil menyabet gelar sebagai film terbaik di festival film indonesia 2012. Sudah dulu posting saya kali ini, semoga bermanfaat.

Trailer Tanah Surga Katanya





4 Responses to "Cerita Dari Tapal Batas : Sisi Lain Indonesia Yang Kurang di Perhatikan"

  1. wah,baru tahu saya malah film ini,awalnya seperti mirip laskar pelangi ya,,tapi mungkin ini lebih memprihatinkan...

    ReplyDelete
  2. Memang memprihatinkan para pimpinan di negri ini, yang di pinggir kota jakarta saja masih banyak yang terabaikan, apalagi dekat tapal batas negri

    ReplyDelete
  3. SAMPE NANGIS NONTON NEH FILM,,TERHARU BANGET.......KEBAYANG GEMANA SEANDAINYA KALO AKU YANG DI DESA ITU YG BLM ADA SEKOLAH MUNGKN BLUM BISA BACA TULIS SAMPE SEKARANG,,,,LIKE UNTUK YG MEMBUAT FILM INI SEMOGA ADA SOLUSI DARI PEMERINTAH UNTUK KEDEPANNYA,,,

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)