Latest News

Beberapa Etika Facebook Yang Sebaiknya Sobat Ketahui

Sobat Semuanya pasti sudah tahu apa itu yang nama nya facebook, jadul banget kalau sobat sekalian masih gak kenal yang namanya facebook. sebagian dari kita memanfaatkan facebook sebagai alat untuk bisnis, ada pula yang memanfaatkannya untuk menjalin silaturahmi, tapi ada pula yang sekadar cuap-cuap di status facebook, saya sendiri menilai beberapa status bahkan tidak penting dan bahkan tidak seharusnya di tulis, mungkin itu karena ketidak tahuannya.

Sebenarnnya ada beberapa etika facebook yang patut, bahkan saya pikir harus di ketahui oleh pangguna facebook agar tidak asal-asalan dalam menggunakan facebook sebagai social engineering, karena saya sedang baik hati maka saya akan sedikit sharing mengenai etika facebook, tulisan ini saya ambil dari tugas kuliah saya, silahkan lihat ke bawah :

Etika Profesi Pada Facebook
Beberapa waktu lalu muncul kasus pria membunuh istrinya karena sang istri mengubah status di Facebook menjadi single. Kasus lain, meski tak seekstrim itu, bisa muncul kapan saja hanya karena situs jejaring semacam Facebook.
Seperti halnya situs jejaring sosial lainnya, maka penggunaan Facebook pun tetap harus memperhatikan etika yang ada sehingga apa-apa yang kita lakukan di Facebook tidak menimbulkan keresahan atau tidak enak dipandang oleh pengguna lainnya.
            Berikut ini beberapa etika yang sebaiknya kita patuhi dalam menggunakan facebook :

Status hubungan Anda adalah keputusan bersama pasangan

Jangan pernah mengubah-ubah status hubungan Anda jika tidak didasari kesepakatan bersama antara Anda dan pasangan. Banyak kasus buruk terjadi akibat seseorang merubah statusnya secara sepihak. Jangan lupa, teman-teman Anda atau teman pasangan Anda bisa mengetahui hal ini dengan cepat.

Berteman dengan teman dari sahabat Anda pun ada etikanya

Ketika ingin berteman dengan teman sahabat Anda di Facebook, jangan lupakan keberadaan teman Anda yang di sini berperan sebagai ‘penghubung’. Katakan dari siapa Anda mengetahui profil mereka. Anda tak mau dicurigai sebagai sales bukan?

Jangan banjiri profil dengan foto, video, dan komentar yang berkaitan dengan gagalnya hubungan Anda

Hal itu sepertinya tidak pantas dilakukan di Facebook. Jika Anda ingin minta simpati, teleponlah teman Anda, jangan bertanya pada orang-orang di dunia maya, apalagi di Facebook yang diakses banyak orang. Anda malah bisa dipermalukan.
 
Jangan curhat dan buka rahasia di Facebook

Jika Anda ingin curhat dan sejenisnya, lebih baik Anda tidak melakukannya di Facebook. Gunakan saja e-mail, telepon atau lakukan saat sedang makan bersama teman Anda misalnya. Masih banyak fasilitas lain bukan? Anda tentu tidak ingin rahasia Anda diumbar oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Kenali Perbedaan antara Wall dan Message

Suatu pernyataan yang menyangkut hubungan pribadi Anda sebaiknya tidak usah terlalu diekspos. Kalimat seperti “I luv u soo much baaabyy.. I Can’t wait too see 2neit”, mungkin akan lebih cocok jika ditulis di message.

Jangan sekali-kali membuat profil Palsu

Mungkin terlintas di benak Anda untuk membuat akun palsu mantan pacar yang telah menyakiti Anda. Kemudian, Anda posting hal-hal buruk tentangnya. Tentu saja, jangan pernah benar-benar melakukan hal ini. Jika aksi Anda ketahuan, orang-orang malah bisa memberi cap negatif pada Anda.
Jangan umbar banyak informasi tentang dirimu apalagi yang bersifat pribadi.
Kamu tak akan pernah tahu apa saja yang bisa terjadi ke depannya. Ingat, dunia maya meski menyenangkan tetap penuh dengan risiko dan juga orang-orang jahat.
Berilah porsi komentar yang sewajarnya.
Ingat pada siapa kita berkomentar, pada teman, guru, dosen atau orangtua. Jangan terkesan bebas bicara dan komentar seenaknya. Hormati dan hargai mereka meski di Facebook sekalipun.
Jangan pernah mengubah status hubunganmu jika tidak didasari kesepakatan bersama antara kamu dan pasangan.
Beberapa kasus buruk terjadi akibat seseorang merubah statusnya secara sepihak. Jangan lupa, teman-temanmu atau teman pasanganmu bisa mengetahui hal ini dengan cepat.
Jangan banjiri akun Facebookmu dengan banyak foto, atau video.
Narsis boleh, tapi jangan terlalu over. Memasang foto pribadi yang terlalu berani mengundang keisengan orang lain untuk hal-hal yang tentu akan merugikan dirimu juga.
Secara etika memang kurang sopan mengundang teman ke acara yang sifatnya pribadi
semisal undangan ultah, syukuran kelulusan via milis atau bahkan Facebook. Sebaiknya kirimkan undangan langsung ke alamat yang bersangkutan.
Jangan lupakan keberadaan teman yang berperan sebagai ‘penghubung’ sahabatmu di Facebook.
Katakan dari siapa kamu tahu profil mereka
Menambah teman lama dan lalu melupakan mereka
Hal ini banyak kita lakukan dan mungkin inilah kejahatan terbesar dari jejaring sosial. Anda iseng mencari-cari nama teman SD atau SMP anda dulu di Facebook dan ternyata anda menemukannya. Lalu anda tambahkan ia sebagai teman dan kemudian setelah menjadi teman di Facebook anda melupakannya lagi dengan tidak pernah menyapanya sama sekali.
Menambahkan orang yang tidak dikenal sama sekali
Situs jejaring sosial seperti halnya dunia maya menjadi rimba belantara yang liar. Untuk itulah kalau seandainya ada seseorang yang hendak menambahkan anda sebagai temannya tapi anda tidak mengenal dia sama sekali, baiknya dihindari atau anda bisa cari tahu tentang dia dulu sebelum anda memutuskan untuk menambahkan dia sebagai teman. Hal itu bisa anda lakukan dengan mengirimkan email ke dia.
Men-Tag teman dalam foto tanpa sepengetahuannya
Hal ini cukup meresahkan karena seringkali hal seperti dapt mencemarkan nama baik orang lain, apalagi jika foto yang di sebarkan cukup menghebohkan
Membuat dan bergabung dengan group yang dapat meresahkan
Facebook memang bebas dan terbuka dan terkadang karena sebab itulah Facebook dimanfaatkan oleh beberapa kalangan untuk membuat group yang menyuarakan aspirasi dan kepentingan mereka walaupun itu terkesan menyudutkan orang lain atau hanya sekedar fitnah belaka. Hindari untuk membuat dan bergabung dengan group seperti itu.
Jangan sekali-kali membuat profil Palsu
Mungkin terlintas di benak Anda untuk membuat akun palsu mantan pacar yang telah menyakiti Anda. Kemudian, Anda posting hal-hal buruk tentangnya. Tentu saja, jangan pernah benar-benar melakukan hal ini. Jika aksi Anda ketahuan, orang-orang malah bisa memberi cap negatif pada Anda.
Intinya adalah jangan umbar banyak informasi tentang diri Anda apalagi yang bersifat pribadi. Anda tak akan pernah tahu apa saja yang bisa terjadi ke depannya.selain itu jaga pula tatakrama dan kesopanan kita saat menulis status atau mengomentari status orang lain, bisa jadi gara-gara asal-asalan menulis status atau mengomentari status orang lain malah mencemakan nama baik orang tersebut atau bahkan malah bisa merusak nama sendiri.
Sumber/Daftar Pustaka :
http://tipsfacebookindonesia.blogspot.com/2009/06/tips-10-etika-yang-harus-dihindari-user.html
http://www.d60pc.com/2009/09/22/etika-bermain-facebook/
http://ja-jp.facebook.com/topic.php?uid=163775310084&topic=8733

21 Responses to "Beberapa Etika Facebook Yang Sebaiknya Sobat Ketahui"

  1. iya,,bener banget sob,,,n jangan langsung percaya sama orang yang baru dikenal di facebook kalau dia ngajak ketemuan,,beberapa kasus orang hilang dianalisir akibat penyalahgunaan fungsi facebook sob..

    "untungnya aku nganggep fb untuk komunikasi sama temen2 doang, n bukan untuk cari pacar atau rencana-rencana jahat lainnya"hehe..

    salam blogger selalu..

    ReplyDelete
  2. Nice blog. Keep blogging in future....

    ReplyDelete
  3. kalau menurutku, sebenare etika yang baku dalam facebook itu tidaklah ada. yang ada adalah perhatikan emosi orang. kalo ada yang bilang ada etika di facebook, menurut saya adalah pembohong besar, karena sang pencipta facebook tidak begitu memperhatikan etika dalam hal tagged ataupun menambah teman. semuanya free. Namun yang diperhatikan adalah emosi dari pemilik akun itu. bagaimanapun juga, emosi seseorang itulah yang harus di mengerti. Mengapa demikian? karena terkadang di facebook sendiri ada orang yang bisa di tambahkan tanpa melalui perantara. maaf kalo saya salah.

    ReplyDelete
  4. cheryzan : memang tidak ada sob, tidak ada secara tertulis, tapi alangkah lebih baiknya kalau buat etikanya sendiri (contohnya seperti artikel diatas) dengan tujuan untuk menjaga nama baik kita sendiri, tapi kalau kamu tidak mau memakai etika facebook, ya itu hak kamu kan

    ReplyDelete
  5. *NUMPANG PROMO, yach...
    Kesempatan emas utk para pengguna TELKOMSEL dan pecinta FACEBOOK, utk mendapatkan SEPULCHRAL tanpa batas semua langsung dari handphone kamu. GAMPANG! cukup ketik REG FB kirim ke 9789 (khusus pengguna telkomsel, yach..) Anda akan mendapatkan info2 penting tentang trik2 membuat facebook (upload foto,status, comment, dll..) ato gmn cara bergabung situs jejaringan sosial lain. Ayo ooo jgn sampe ketinggalan update2 info lainny..

    ReplyDelete
  6. haii nama aku rocky di papua gimana kbr ka wah bagus ny suasana hari ini gmna dgn kmu di sana ka aman kan oya sori lg puasa kan ttp semangat ya slm ku dari papua slmt sore

    ReplyDelete
  7. Aq setuju adanya pendapat perlunya etika dalam pergaulan di dunia maya (Facebook), agar qt tidak terkesan liar yang bisa menyinggung harkat dan martabat orang lain dan secara tidak langsung bisa menghinakan diri sendiri, memang sampai sekarang tidak ada aturan2 yang tertulis justru aturan ini muncul berdasarkan fakta dilapangan yang mempunyai kecenderungan dengan alasan kebebasan ber improvisasi,.... makasih

    ReplyDelete
  8. Aq setuju adanya pendapat perlunya etika dalam pergaulan di dunia maya (Facebook), agar qt tidak terkesan liar yang bisa menyinggung harkat dan martabat orang lain dan secara tidak langsung bisa menghinakan diri sendiri, memang sampai sekarang tidak ada aturan2 yang tertulis justru aturan ini muncul berdasarkan fakta dilapangan yang mempunyai kecenderungan dengan alasan kebebasan ber improvisasi,.... makasih

    ReplyDelete
  9. setuju banget mas,,,
    karena stat di fb ada yg nyampe dibunuh tuh mas,,,
    jadi emang penting banget etika itu
    nice share mas

    ReplyDelete
  10. setuju p.said..saya..setujuuuuuuuuuuuu

    ReplyDelete
  11. pokoknya ati ati semua...yoyok ambulance..

    ReplyDelete
  12. setuju sich,
    tpii itukan juga termasuk hak orang dlam mggunakan kebebasannya

    ReplyDelete
  13. yup, kebebasannya lagian gak ada yang maksa, ini etika buat jaga diri masing2, tapi kalo gak mau ya gk apa-apa juga n akibatnya kan juga masing2

    ReplyDelete
  14. SYAMHUDI SE : terimakasih pa atas pendapatnya
    Rifanie : siiip

    ReplyDelete
  15. semua ada aturannya....
    biar baik untuk kita sendiri,,,

    ReplyDelete
  16. wahhh artikel yang sangat berguna, semoga bermanfaat bagi kita semua. Ijin share ya Mas....?

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog catatansimpel.com

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan
Jangan lupa berkunjung lagi :)